Pengertian Poster

Definisi Umum Poster

Pengertian poster ialah kumpulan antara gambar dan kaligrafi yang menyatu untuk menyampaikan suatu pesan. Dahulu karya yang masih tergolong dalam karya seni rupa ini digambar dan ditulis secara langsung dengan tangan. Hanya orang yang pandai melukis yang bisa membuat sebuah poster.

Saat ini poster dibuat dengan menggunakan aplikasi editing. Dengan cara ini memang lebih mudah, namun tidak semua orang dapat membuat poster dengan aplikasi. Meskipun editing mudah untuk dipelajari, namun tetap membutuhkan suatu kesabaran dan ketelitian untuk menghasilkan poster yang berkualitas.

Baca Juga: pengertian observasi

Poster Menurut Seniman

Definisi poster menurut para ahli mempunyai makna yang sedikit berbeda. Walaupun pendapat tersebut mempunyai satu maksud yang sama. Inilah beberapa pendapat para ahli tentang arti kata poster:

a. Sudjana dan Rivai

Pengertian poster adalah rancangan kombinasi visual yang kuat dan tersusun dari beberapa warna dan pesan yang bertujuan untuk menarik perhatian banyak orang, namun hanya sebatas untuk diingat. Jika orang yang melihat sebuah poster lama dalam menangkap pesan dari poster, maka akan semakin lama dia mengingatnya.

b. Zanu

Poster disebut juga sebagai gambar yang dirancang semenarik mungkin dengan sedemikuan rupamenggunakan sedikit kata – kata dan dicetak kemudian di tempel pada tempat – tempat tertentu.

c. Ekokasih

Definisi poster ialah sebuah plakat atau tulisan yang ditempel pada tempat umum, berisi suatu pengumunan suatu pesan ataupun hibauan yang ditujukan kepada masyarakat.

d. KBBI

contoh apa itu poster
contoh apa itu poster (Fangamer)

Makna poster adalah plakat yang dipasang pada tempat-tempat umum yang berisi sebuah pengumunan atau iklan.

e. Ensiklopedi

Arti kata poster adalah alat yang digunakan untuk mengiklankan sesuatu, seperti propraganda atau protes dan maksud lainnya yang hanya bertujuan menyampaikan beberapa pesan.

Baca Juga: pengertian cerpen

Dari definisi poster menurut para ahli,mengandung sebuah kesimpulan mengenai makna dari sebuah poster. Poster adalah sebuah alat yang berupa rancangan berbentuk ilustrasi maupun kata – kata yang ditempel pada tempat umum dengan maksud menyampaikan sebuah pesan tertentu. Dalam membuat sebuah poster, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Ciri-Ciri Umum Poster

Poster mempunyai ciri ciri yang mendasar antara lain adalah :

  1. Poster harus mempunyai desain grafis yang memuat komposisi  yang terdiri dari huruf dan juga gambar ke media kertas ataupun kain yang mempunyai ukuran cukup besar.
  2. Cara menyampaikan poster dapat dengan menggunakan cara di tempel di dinding, tempat yang umum dan mempunyai permukaan yang datar yang bisa diihat dengan mudah dan menjadi daya tarik orang untuk membacanya.
  3. Poster dibuat dengan menggunakan warna yang cerah, kontras dan kuat agar dapat menarik perhatian dari orang yang melihatnya.
  4. Poster menggunakan bahasa yang cukup singkat, tidak rancu dan jelas sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh orang yang membacanya walaupun hanya singkat.
  5. Poster biasanya menyampaikan pesan dengan menggunakan kata kata beserta gambar untuk memperjelasnya.
  6. Poster bisa dibaca dan dipahami walaupun orang yang membaca sambil jalan ataupun berkendara.

Tujuan Dibuatnya Poster

contoh poster konser musik
contoh poster konser musik (Canva)

Tujuan dari sebuah poster tidak jauh berbeda dari pengertian poster itu sendiri. Dengan adanya tujuan pembuatan poster, secara tidak langsung poster tersebut ditujukan pada kelompok tertentu. Oleh karena itu pembuatan poster harus menyesuaikan tujuan dan target dari poster tersebut.

Salah satu tujuan dari poster yang paling sering dijumpai adalah tujuan komersil. Namun ada juga yang berupa himbauan kepada masyarakat. Ada satu tujuan dari poster yang seharusnya mendapat perhatian penuh dari publik tanpa terkecuali, seperti poster orang hilang. Maka dari pembuatan poster harus semenarik mungkin supaya mudah untuk mencuri perhatian sehingga tujuan dari poster tersampaikan.

Jenis-Jenis Poster

Berdasarkan tujuan dari pembuatan sebuah poster, digolongkan menjadi beberapa macam, antara lain :

1. Propaganda

Poster propaganda adalah sebuah poster yang bertujuan untuk memberi semangat kepada publik atas perjuangan maupun usaha dari seseorang / kelompok, yang malakukan hal yang sangat bermanfaat bagi kehidupan bersama.

2. Kampanye

Poster kampanye merupakan sebuah poster yang ditujukan kepada masyarakat jelang masa pemilu yang dilakukan oleh tokoh – tokoh politik.

3. Wanted

Poster wanted atau dicari adalah poster yang bertujuan untuk menyampaikan pesan sekaligus bantuan kepada publik untuk mencari atau melihat seseorang.

4. Film

Poster film atau konser merupakan poster dengan tujuan komersil untuk mempromosikan sebuah film ataupun konser yang akan dan sedang berlangsung.

5. Komik

Poster komik atau novel ialah sebuah poster untuk mempopulerkan hasil karya seseorang untuk menarik minat para pembaca supaya tertarik untuk membacanya.

6. Afirmasi

Poster afirmasi adalah poster yang bertujuan untuk memberi motivasi kepada publik.

7. Riset

Poster riset adalah poster untuk mempromosikan sebuah riset atau kegiatan yang bersifat akademis, supaya turut serta dalam riset ataupun kegiatan tersebut.

Baca Juga: pengertian artikel

Dari jenis poster tersebut, poster film maupun komik termasuk ke dalam poster komersil atau poster niaga. Poster tersebut sebagai sarana promosi sekaligus konsep pemasaran dari karya mereka.

Syarat Pembuatan Poster

contoh poster acara
contoh poster acara (PosterMyWall)

Dalam pembuatan poster, harus memenuhi syarat – syarat sebagai berikut ini :

  1. Perpaduan antara warna harus kuat dan memiliki kontras yang jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang singkat, padat dan mudah dipahami.
  3. Disertai sebuah ilustrasi yang berupa gambar.
  4. Media poster menggunakan sebuah kain supaya tidak mudah sobek atau kertas yang tidak mudah luntur.
  5. Ilustrasi harus sesuai dengan isi atau maksud dari poster.
  6. Menggunakan jenis font yang mudan dibaca dan berukuran besar.
  7. Menggunakan kalimat yang bersifat sugestif dan mudah untuk diingat.

Aplikasi Membuat Poster

Berikut ini adalah daftar software yang dapat digunakan untuk membuat poster.

1. CorelDraw

Coreldraw merupakan aplikasi editing dimana bisa menggambar berbagai macam ilustrasi. Cara editing di coreldraw cukup mudah, hanya menggabungan beberapa bangun2 dimensi menjadi gambar ilustrasi yang berkarakter. Dari gambar 2 dimesi juga bisa dijadikan gambar 3 dimensi.

Sementara untuk font juga bisa menggabungkan bangun 2 dimensi atau menggunakan jenis font yang tersedia. Jenis poster yang sesuai jika dibuat dengan coreldraw seperti poster propaganda, edukasi atau pendidikan, afirmasi dan riset.

2. Adobe Photoshop

Membuat poster dengan photoshop harus mempunyai beberapa gambar terlebih dahulu. Kumpulan gambar bisa dicombain menjadi satu gambar ilustrasi yang berkarater.

Baca Juga: pengertian sistem

Ditambah lagi dengan efek – efek yang terdapat di photoshop yang akan menambah kesan gambar ilustrasi mempunyai pesan yang sangat mudah untuk dicerna. Semua dari jenis poster yang ada dapat dibuat melalui photoshop ini, akan lebih baik lagi jika ditambah dengan hasil editing dari coreldraw.

4. Corel Photopaint

Aplikasi merupakan satu paket dengan aplikasi coreldraw. Cara membuat poster melalui corel photopaint ini hampir sama dengan photoshop. Hanya saja ada efek dari photoshop yang tidak tersedia dalam software ini. Namun hasil poster dari corel photopaint cukup memuaskan.

5. Office Word / Ms Office word

Software ini umumnya digunakan untuk mengolah data. Tetapi juga bisa digunakan untuk menyusun sebuah poster. Sebagai software pengolah data, office word ini tentu mempunyai banyak keterbatasan dalam editing.

Poster yang dapat dibuat di office word ini hanya sekerdar poster afirmasi. Sedangkan untuk poster lainnya harus melalui proses editing terlebih dahulu dengan coreldraw ataupun photoshop.

6. Poster Designer

Software ini dibuat khusus untuk membuat poster. Di dalamnya terdapat berbagai macam template poster yang akan memudahkan untuk menyusun poster.

Jadi gambar ilustrasi dalam poster tidak perlu untuk diedit secara manual seperi pada coreldraw maupun photoshop. Semua jenis poster dapat dibuat melalui softwara photo designer ini. Sayangnya software ini tidak didapat di download secara gratis, seperti beberapa software editing lainnya.

7. Canva

canva buat poster
canva buat poster (Jarvee)

Canva adalah software gratis di smartphone baik Android maupun iPhone yang bisa digunakan dengan sangat mudah. Ada ribuan template siap pakai yang bisa Anda gunakan dengan aplikasi ini.

Baca Juga: pengertian berita

Dalam pembuatan poster ada hal yang perlu diperhatikan, seperti ilustrasi harus bersifat eye catching dan tidak terlalu berlebihan. Warna dan bentuk font juga harus senada dengan backgound dan gambar ilustrasinya.

Dengan membuat poster secara tepat maka pengertian poster dapat digunakan sebagaimana mestinya dan tidak beralih fungsi sebagai suatu plakat yang hanya menempel di dinding.

Leave a Comment