Definisi Teks Ekplanasi dan Susunan Strukturnya

Teks ekplanasi merupakan jenis teks yang memberikan penjelasan tentang suatu proses terjadinya maupun terbentuknya sebuah fenomena alam maupun fenomena sosial tertentu. Menurut bahasa Inggris, eksplanasi sendiri mempunyai arti sebuah tindakan yang menerangkan dan menjelaskan berisikan keterangan atau pernyataan serta fakta yang sifatnya menjelaskan.

DefinisiĀ Teks Ekplanasi Menurut Ahli

Menurut seorang ahli bernama Restuti, teks eksplanasi merupakan jenis teks yang berusaha memberikan keterangan dan menjelaskan tentang sebuah proses maupun fenomena alam dan juga fenomena sosial tertentu.

Sususan Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi sendiri disusun dengan susunan struktur yang terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup. Pembukaan berisikan bagian yang memberikan penjelasan tentang pernyataan bersifat umum. Isi adalah deretan dari penjelasan.

Sedangkan penutup berisikan konklusi dan interpretasi. Bagian pembukaan ini berisikan berbagai macam informasi yang sifatnya singkat mengenai apa yang sedang dibicarakan. Bagian isi berisikan uraian penjelasan mengenai sebuah peristiwa atau fenomena yang sedang terjadi. Sedangkan bagian penutup atau interpretasi berisikan pendapat dari penulis mengenai sebuah peristiwa yang terjadi. Bagian penutup dalam teks eksplanasi ini bisa dicantumkan ataupun tidak dicantumkan.

Teks ekplanasi ini banyak ditulis oleh para penulis dengan tujuan untuk memberikan perhitungan tentang sesuatu, mengapa sebuah kejadian atau fenomena dapat terjadi sedemikian rupa. Teks eksplanasi ini lebih menggambarkan sebuah proses dari kejadian atau fenomena tertentu dibandingkan menjelaskan tentang sesuatu layaknya uraian deskriptif. Pada sebuah teks eksplanasi dijelaskan tentang adanya peristiwa tertentu yang timbul karena peristiwa lain yang telah mendasari sebelumnya dimana peristiwa tersebut dapat menyebabkan peristiwa lain lagi sebagaimana peristiwa sebelumnya.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Ciri ciri dari teks eksplanasi dapat anda ketahui dari beberapa hal berikut :

  1. Terdiri atas pernyataan umum (pembuka), kalimat kalimat penjelas atau deretan penjelas (isi), dan penutup atau interpretasi. Pernyataan umum ini berupa gambaran awal dari apa yang akan disampaikan dengan berbagai pernyataan yang sifatnya umum. Bagian isi atau deretan penjelasan adalah inti dari teks eksplanasi dan menjelaskan apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Sedangkan bagian penutup atau interpretasi berisikan sebuah pandangan dan kesimpulan dari penulis yang sifatnya opsional karena boleh dicantumkan ataupun tidak dicantumkan.
  2. Berisikan sebuah informasi yang didasarkan atas kejadian faktual.
  3. Kejadian yang faktual tersebut berisikan informasi yang sifatnya sains.

Ciri bahasa yang terdapat dalam sebuah teks eksplanasi adalah sebagai berikut :

  1. Mempunyai fokus yang bear pada bagian bagian umum atau generic, bukan berupa partisipan manusia, seperti contohnya tentang gempa bumi, banjir, udara, maupun hujan.
  2. Memungkinnya dicantumkannya istilah istilah ilmiah atau istilah dalam sebuah bidang ilmu tertentu.
  3. Banyak memakai kata kerja yang sifatnya material dan relasional (disebut juga kata kerja yang aktif).
  4. Memakai konjungsi kausal dan konjungsi waktu, seperti contohnya bila, sehingga, jika, ataupun kemudian, dan lain sebagainya.
  5. Memakai kalimat pasif.
  6. Teks eksplanasi sengaja ditulis guna membuat sebuah justifikasi tentang sesuatu yang menerangkan bahwa kejadian sebab akibat itu adalah benar.

Menulis teks ekplanasi saat ini merupakan salah satu komponen yang diajarkan dalam proses belajar mengajar. Kegiatan menulis teks eksplanasi ini biasanya akan diadakan sebagai salah satu evaluasi bagi siswa setelah mempelajari tentang teks ekplanasi tersebut secara teori. Output dari pembelajaran tentang teks eksplanasi ini adalah siswa apat menulis hasil observasi mereka tentang keberadaan dan urgensi teks eksplanasi ini baik itu berupa isinya, struktur teksnya, ataupun struktur kebahasaan yang dipakai dalam teks eksplanasi.

Leave a Comment