Pengertian Email (Elektronik Mail) dan Sejarahnya

Definisi atau pengertian email / surat elektronik yang disingkat sebagai surel merupakan suatu bentuk sarana dalam kirim mengirim surat menggunakan jaringan komputer dan jaringan internet. email saat ini menjadi suatu bentuk kirim mengirim yang modern dan menggantikan posisi dari surat menyurat biasa menggunakan kertas.

Jika surat menyurat menggunakan surat biasa, maka anda perlu pergi ke kantor pos dan membayar biaya pengiriman tertentu yang tentunya selain menyita waktu akan menyita dompet anda karena harus membayar ini itu, dengan email anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya kecuali untuk membayar sambungan jaringan internet. namun hal ini ada pengecualiannya, terlebih bagi anda yang menggunakan handphone karena terkadang pembayarannya akan ditagih per pengiriman.

PENGERTIAN EMAIL MENURUT AHLI

Menurut Ali Zaki dan Smitdev Com., email adalah sebuah surat elektronik yang dapat memberikan kemudahan bagi semua orang untuk dapat saling berkirim surat dan pesan dengan menggunakan jaringan internet.

Menurut Happy Chandraleka, email berupa surat dapat disampaikan dengan perantara perangkat elektronnik yang disebut sebagai komputer. Hal ini juga senada dengan pengertian email yang disampaikan oleh Jasmadi dan E-Media Solusindo yang menyatakan bahwa email atau electronic mail adalah sebuah metode berkirim pesan melalui perantara alat elektronik ataupun dengan jaringan internet.

SEJARAH EMAIL

Email sudah dikenal masyarakat dan banyak dipakai sejak tahun 1960 lalu. Meskipun pada saat itu jaringan internet belum secanggih sekarang dan bahkan belum dapat dikatakan sebagai sebuah jaringan internet karena masih berupa sekumpulan mainframe yang terbentuk menjadi jaringan, namun orang orang sudah banyak menggunakan email untuk mengirim pesan dibandingkan dengan surat menyurat konvensional.

Meskipun tidak jarang juga masih banyak orang yang berkirim surat dan pesan menggunakan layanan pos. Mulai pada tahun 1980an, email sudah menjadi hal yang populer yang berdampak buruk bagi penyedia layanan pos di berbagai negara karena pendapatannya menjadi menurun akibat masyarakat sudah tidak menggunakan jasa mereka lagi.

Email pertama ditemukan oleh Ray Tomlinson di akhir tahun 1971 yang saat itu bekerja pada Bolt Beranek dan Newan BNN sebuah lembaga pertahanan milik negara Amerika. Ray hanya melakukan eksperimen dengan program komputer yang memang digunakan untuk meninggalkan pesan di komputer sehingga orang yang memakai komputer setelahnya dapat membaca pesan tersebut.

Di kala itu adalah hal yang normal jika komputer dipakai secara bergantian oleh orang orang. Eksperimen ini dilanjutkan dan berhasil menciptakan sebuah email. Email pertama yang dikirim oleh Ray tidak diketahui bunyinya. Pada tahun 1972, Ray mulai mengenalkan kembali penggunaan lambang @ (et) sebagai suatu identitas dalam email yang memisahkan identitas user dengan domain yang digunakan.

FUNGSI EMAIL

Email dapat disebut sebagai suatu alamat resmi dalam dunia maya yang dimiliki oleh seseorang atau organisasi dan perusahan serta perkumpulan tertentu. melalui keberadaan email, maka email tersebut dapat terhubung dengan jaringan internet dan membantu kita dalam menggunakan dan berkegiatan dengan berbagai hal yang berhubungan dengan internet.

Misalnya adalah digunakan untuk bergabung dalam situs jejaring sosial layaknya twitter dan facebook yang akan selalu membutuhkan alamat email dalam tahap pendaftarannya sebelum mulai menggunakan aplikasi jejaring sosial yang bersangkutan. Saat ini, fungsi email juga sudah berkembang karena semakin beragam, baik itu digunakan untuk mengirim pesan, mengirim file, chatting, dan masih banyak lagi sejalan dengan perkembangan informasi dan teknologi di masyarakat.

CARA MEMBUAT EMAIL

Sangat banyak penyedia layanan pembuatan email gratis dalam dunia maya, seperti halnya gmail, yahoo, dan hotmail. Dalam artikel ini akan kami ulas mengenai cara membuat email menggunakan gmail yang mudah. Pertama tama, anda dapat mengunjungi website pembuatan email gmail dengan mengetikkan http://mail.google.com/?hl=id di browser anda. Atau baca : cara membuat email di gmail, yahoo, dan microsoft.

Kemudian anda akan diarahkan pada halaman login gmail. Setelah itu klik buat akun dan anda akan masuk pada form pembuatan akun google. Isi dengan lengkap form tersebut dengan mengosongkan form “alamat email anda saat ini” atau bisa juga anda isi dengan alamat email yang sudah anda punya sebelumnya. Kemudian centang pada tulisan “persyaratan layanan dan kebijakan privasi” untuk kemudian anda akan diarahkan pada halaman profil dari google+.

Anda dapat menambahkan foto pada akun email anda dan klik langkah berikutnya. Setelah itu anda akan diarahkan pada halaman selamat datang dan anda sudah dapat menggunakan fasilitas dari email tersebut. dengan membuat akun email dari google, maka anda akan otomatis diberikan akses untuk masuk ke beberapa jaringan dari google tersebut, baik itu gmail, blog, youtube, google+ dan layanan mitra dari google lainnya yang banyak tersebar di dalam dunia maya dan dapat anda manfaatkan baik itu gratis ataupun berbayar.

METODE PENGIRIMAN EMAIL

Untuk dapat mengirim sebuah email, tentunya anda perlu program mail client. Tahapannya jika digambarkan adalah mulai dari email dikirim -> internet -> POP 3 Server penyedia email penerima -> mail client dalam komputer penerima email -> email dapat dibaca oleh penerima.

Sebenarnya tahapan dalam pengiriman email sangatlah panjang dan rumit jika digambarkan, namun secara singkat, email yang dikirimkan akan melalui beberapa tahapan penting yang telah disebutkan tadi. Tidak menutup kemungkinan bahwa email yang anda kirimkan akan terkena penyadapan. Maka dari itu, setidaknya anda harus memilah memilah konten apa yang akan anda kirim melalui email.

CARA MEMBACA EMAIL

Terdapat dua cara untuk dapat mengakses email yang dikirim oleh orang lain ke alamat email anda, yaitu :

  1. 1. Dengan cara perantara website seperti mozilla firefox yang disebut sebagai web based seperti halnya yahoo ataupun gmail. Untuk dapat memakainya, maka user harus dalam keadaan daring atau online. Layanan elektronik berbasis web ini disediakan oleh penyelenggara email secara gratis.
  2. 2. Dengan cara pengakses email atau email client baik itu eudora mail, outlook express, mozilla thunderbird, dan lain sebagainya. Untuk dapat memakai program tersebut, user harus tahu konfigurasi yang diproleh dari ISP. Keuntungan cara kedua ini adalah anda dapat membaca email dengan tanpa harus terus menerus terhubung dengan internet dan puluhan email akan dapat diterima sekaligus dikirimkan secara langsung bersama sama. selain itu, program ini juga memberi fungsi penyuntingan dan pembacan email dengan cara luring yang dapat menghemat penggunaan koneksi internet anda.

KEAMANAN DALAM EMAIL

Keamanan data dalam email tidak selalu terjamin dengan baik karena adanya risiko terbuka bagi umum yang artinya semua isi dalam email dapat terbaca oleh orang lain. hal ini dikarenakan email akan melewati banyak sekali server sebelum akhirnya dapat diterima oleh penerima email tadi. Email dapat diamankan dengan memakai teknik enkripsi atau pengacakan yang disediakan oleh program populer bernama Pretty Good Privacy (PGP).

Dengan begitu, hanya orang orang tertentu yang dituju sajalah yang dapat mendekripsi dan membaca isi dari email tersebut. hanya saja, program ini mempunyai kelemahan karena membuat repot pengirim dan penerimanya karena harus mempunyai kunci membuka enkripsi yang sama.

Leave a Comment