Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Jenis dan Sejarah Singkat Indonesia

Pengertian sejarah adalah silsilah, kejadian atau peristiwa yang pernah terjadi ataupun pengetahuan tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar ada di masa lampau. Definisi sejarahtersebut menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adapun beberapa pengertian lainnya Menurut ensiklopedia, wikipedia, dan berbagai lainnya memiliki penjelasan yang tidak jauh berbeda.

Sementara itu, berbagai ruang lingkup sejarah terbagi menjadi empat di antaranya sejarah sebagai ilmu, sebagai peristiwa, seni dan kisah. Tentunya masing-masing memiliki definisi dan makna yang menjadi pembahasan ilmu sejarah itu sendiri.

Sebagai manusia, sebagai anak muda, tentu kita harus belajar banyak mengenai sejarah selain sebagai bentuk pembelajaran sekaligus penghormatan. Dengan sejarah kita bisa tahu mana yang salah dan mana yang benar sehingga tidak mengulangi kesalahan masa lalu di masa depan. Dengan sejarah kita akan lebih berhati-hati untuk mengambil keputusan dalam kehidupan dan kita akan menjadi tahu bagaiamana harus bersikap dengan benar.

Secara etimologis, arti sejarah menurut beberapa ahli berasal dari kata Arab yakni kata sajaratunyang yang berarti pohon namun sebenarnya kata sejarah lebih dekat dekat pada bahasa Yunani yakni historia yang berarti orang pandai. Sejarah dalam bahasa Arab disebut dengan tarikh atau waktu atau juga penanggalan.

Selanjutnya kata historia dalam bahasa Inggris menjadi history yang berarti masa lalu manusia, sementara dalam bahasa Jerman sejarah mengacu pada kata geschichte yang berarti sudah terjadi. Jika kita cermati masing-masing memiliki arti yang hampir mirip satu sama lain yakni tentang masa lalu khususnya masa lalu manusia.

Selain definisi sejarah menurut para ahli, sejarah juga memiliki definisi menurut para ahli baik para ahli dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Menurut Muhammad Yamin misalnya, sejarah merupakan ilmu pengetahuan yang disusun dari hasil penyelidikan berbagai peristiwa yang dapat dibuktikan.

Selanjutnya, definisi sejarah menurut Moh. Hatta sejarah bukan sekadar melahirkan kriteria dari masa lalu namun merupakan pemahaman masa lampau yang mengandung berbagai dinamika. Sedangkan menurut Moh. Ali, sejarah adalah keseluruhan perubahan yang benar-benar telah terjadi.

Sedangkan menurut Kuntowijoyo, makna sejarah nampak luas namun mendetail karena menurut dia sejarah adalah hal-hal yang menyuguhkan fakta secara diakronis, unik, empiris dan ideografis. Tentunya masih banyak lagi para sejarawan baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang menyatakan pemikirannya terkait pengertian sejarah.

Jenis-jenis Sejarah

Ada berbagai macam sejarah atau jenis-jenis sejarah yang kita tahu misalnya sejarah menurut isinya, menurut tujuannya, menurut penuturnya dan lainnya. Sejarah menurut isinya terdapat sejarah palsu, sejarah rekayasa, sejarah asli, dan lainnya.

Adapun sejarah menurut waktunya yakni sejarah masa lalu, sejarah masa kini dan sejarah masa depan dan untuk melihat sejarah masa depan, kita pun harus kembalimenengok ke belakang dan masa kini baru kita mengetahui melalui berbagai analisis. Sementara jenis sejarah lainnya yakni sejarah menurut wilayahnya contohnya sejarah nasional,sejarah lokal ataupun sejarah internasional.

Kelebihan Sejarah sebagai Ilmu

Sejarah sebagai Ilmu tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, nah ada beberapa kelebihan dari sejarah sebagai ilmu. Pertama, sejarah akan memperluas wawasan intelektual serta mengajarkan kita kejujuran dari fakta yang pernah terjadi atau bukti nyata.

Kelebihan lainnya, sejarah membuat kita lebih mengenal diri sendiri dan sebagai tempat untuk mendidik manusia untuk berpikir bebas. Selain berpikir bebas, dengan kita mempelajari sejarah kita juga akan belajar bagaimana untuk berpikir kreatif agar kita tidak mengulangi kesalahan masa lalu di masa sekarang ataupun masa depan.

Kekurangan sejarah sebagai ilmu

Setidaknya terdapat dua kekurangan sejarah sebagai ilmu, pertama interpretasi kedua historiography. Karena sejarah memiliki unsur seleksi fakta sehingga tidak keseluruhan hal yang pernah terjadi dan ada dikenang sebagai sejarah. Bahkan terkadang terdapat bias atau unsur subjektivitas dari penulis sejarah atau sejarawan yang sulit untuk dipisahkan.

Sedangkan historiography berarti tulisan sejarah namun bersifat ilmiah atau non ilmiah. Untuk sejarah yang bersifat ilmiah, lebih berorientasi pada pemecahan masalah dimana penulisnya menggunakan berbagai perangkat atau metode penelitian dan begitupun sebaliknya.

Tokoh Sejarah Indonesia

Ada banyak tokoh nasional yang menyehatkan dan tercatat sebagai pahlawan, misalnya Bapak Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno, dan Moh Hatta, dan berbagai contoh lainnya. Sementara dalam sejarah gerakan keagamaan kita mengenal adanya berbagai tokoh nasional seperti KH. Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah dan Hasyim Asy’ari pendiri Nahdlatul ulama.

Selain beberapa tokoh sejarah indonesia yang dijadikan pahlawan nasional secara resmi, ada juga para tokoh sejarahyang memiliki jasa luar biasa namun belum diakui sebagai pahlawan nasional.

Sejarah Singkat Ir. Soekarno

Soekarno merupakan Presiden Pertama Indonesia yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 1945. Bersama Muhammad Hatta, dan berbagai tokoh gerakan lainnya memainkan peranan yang sangat penting tidak saja sebagai proklamator namun juga sebagai cendekiawan yang menyadarkan bangsa Indonesia yang tengah terjajah.

Soekarno lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya Jawa Timur dan meninggal di Jakarta pada 21 Juni 1970 di usia 69 tahun. Ia sakit dikarenakan mengidap gagal ginjal dan sempat di rawat di Wina Austria sekitar tahun 1961 dan 1964. Bahkan dokter menyarankan untuk mengangkat ginjal Soekarno bagian kiri, namun saran tersebut mendapat penolakan dari Soekarno.

Pahlawan Nasional Indonesia yang Bersejarah

Contoh pahlawan Nasional yang dikenang sejarah karena sangat berjasa terhadap NKRI yakni Jendral Soedirman yang berjuang penuh pengorbanan pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Dalam sejarah, ia tercatat sebagai pahlawan termuda yakni di usia 31 tahun dengan pangkat sebagai jendral dan sebagai panglima besar pada 18 Desember 1948. Pada 19 Desember 1948.

Jenderal Sudirman paling dikenal dengan taktik perang gerilyanya selama tujuh tahun dengan ditemani oleh sekelompok kecil tentara dan dokter pribadi. Ia mengomandoi kegiatan militer di Pulau Jawa, yangs Allah satunya yakni Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta, dengan dipimpin oleh Soeharto.

Selanjutnya terdapat tokoh lainnya yakni Ki Hajar Dewantara atau yang memiliki nama asli sebagai Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Ia merupakan aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia sejak tahun 1922, politisi dan juga pelopor pendidikan bagi kaum pribumi pada masa zaman penjajahan Belanda.

Karena itulah, setiap tanggal 2 Mei yang juga merupakan tanggal lahir Ki Hajar Dewantara identik  diperingati hari pendidikan Nasional. Ia terkenal dengan semboyan Tut Wuri Handayani yang merupakan semboyan ciptaannya dan kini menjadi slogan kementrian pendidikan Indonesia.

Demikiansejarah menurut para ahli yang wajib kalian ketahui apalagi jika kalian merupakan generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa. Terkadang memang ada ucapan jika sejarah hanyalah milik para penguasa, mungkin memang ada benarnya karena sejarah lahir dari proses seleksi namun ungkapan tersebut juga tidksepoenuhnya benar karena itulah hormatilah sejarah yang ada apapun itu.

Leave a Comment