Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Ahli, Unsur-Unsur dan Manfaatnya

Lingkungan hidup menurut ahli bernama Bintarto merupakan segala macam hal yang ada di sekitar kita sebagai makhluk hidup, baik itu berupa benda maupun makhluk hidup yang dipengaruhi oleh berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh manusia. pengertian lingkungan hidup juga dikemukakan oleh Soemarwoto sebagai keseluruhan benda dan juga kondisi tertentu yang ada dalam sebuah ruangan yang saat ini sedang ditempati dan mempunyai pengaruh terhadap kehidupan kita sebagai makhluk hidup.

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut UU

Berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Taun 2009 tentang Lingkungan Hidup, lingkungan hidup didefinisikan sebagai sebuah kesatuan ruang dari segala macam benda, daya, keadaan, makhluk hidup, termasuk didalamnya adalah manusia dan berbagai macam perilakunya yang berpengaruh terhadap alam itu secara langsung maupun tidak langsung dan menjadi tempat berlangsungnya perikehidupan dan kesejahteraan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Kamus Ekologi

Adapun menurut kamus ekologi, lingkungan hidup atau environtment ini didefinisikan sebagai bagian dari keseluruhan yang saling berhubungan dan berkaitan antara makhluk hidup dengan makhluk non hidup dimana keseluruhannya berada secara alami di muka bumi dan daerah lainnya.

Dari berbagai macam pengertian baik yang dikemukakan oleh ahli maupun yang tercantum dalam undang undang dan kamus tersebut, dapat disimpulkan bahwa lingkungan hidup adalah suatu kesatuan yang terdiri atas berbagai macam makhluk hidup berikut seluruh komponen yang ada disekitarnya. Komponen lingkungan hidup tersebut dapat berupa komponen fisik dan komponen kimia, sosial budaya, serta komponen komponen pendukung lainnya.

Unsur-Unsur dalam Lingkungan Hidup

Beberapa unsur lingkungan hidup yang perlu anda ketahui diantaranya adalah :

  • Unsur biotik atau hayati dimana komponen ini terdiri atas makhluk hidup seperti halnya manusia, hewan, dan juga tumbuhan.
  • Unsur abiotik dimana komponen ini dapat berupa berbagai macam benda yang tidak hidup contohnya adalah air, suhu, iklum, udara, dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar pengaruhnya terhadap keberadaan dan keberlangsungan kehidupan yang ada di muka bumi.
  • Unsur sosial budaya dimana unsur ini tumbuh dan berkembang di sekitar manusia. Contoh dari sistem ini adalah adanya sistem nilai, gagasan, dan juga keyakinan yang dapat membentuk perilaku tertentu pada manusia sebagai makhluk sosial.

Manfaat Keberadaan Lingkungan Hidup Bagi Makhluk Hidup

Keberadaan lingkungan hidup pun memberikan berbagai manfaat bagi alam semesta khususnya bagi manusia. adapun beberapa manfaat keberadaan lingkungan hidup ini diantaranya adalah mampu menyediakan sumber makanan, sumber oksigen, sumber pariwisata, dan juga pendidikan bahkan juga obat obatan.

Memberikan manfaat bagi tumbuhan dan satwa liar dalam penyerapan karbon. Termasuk pula manfaat kehidupan makhluk hidup lainnya yang tumbuh dan hidup di muka bumi ini. selain itu, lingkungan hidup juga memberikan sumbangsih besar dalam ilmu pengetahuan karena dapat dijadikan sebagai obyek dalam penelitian serta dapat dijadikan obyek dan tempat di bidang kesehatan.

Cara Menjaga Lingkungan Hidup Supaya Tetap Alami

Terdapat berbagai macam cara yang dapat anda lakukan untuk tetap menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, diantaranya adalah dengan mengumpulkan sampah organik untuk diolah menjadi pupuk kompos, menanam pohon dan melakukan gerakan reboisasi, mengurangi konsumsi bahan bakar denganĀ  banyak berjalan kaki atau bersepeda kayuh, mengumpulkan sampah yang dapat didaur ulang, memisahkan sampah sesuai dengan kelompoknya, melestarikan alam dengan cara membentuk kawasan konservasi dan masih banyak lagi.

Lakukanlah usaha usaha yang dapat menjaga dan melestarikan lingkungan hidup meskipun hanya hal hal kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan. Sekecil apapun upaya yang anda lakukan demi terpelihara dan terjaganya lingkungan hidup, tentu akan memberikan dampak yang besar bagi lingkungan hidup itu sendiri dan bermanfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya di masa yang akan datang.

Leave a Comment