Pengertian Pemasaran (Marketing), Konsep, Strategi dan Faktor-Faktornya

Pemasaran adalah suatu aktivitas, proses menciptakan dan juga serangkaian institusi yang mengomunikasikan, mempertukarkan dan juga menyampaikan tawaran yang bisa bernilai kepada pelanggan, mitra, klien dan juga masyarakat umum. pemasaran dapat dimulai dengan cara pemenuhan kebutuhan seseorang yang selanjutnya tumbuh menjadi keinginan orang tersebut. contoh yang paling mudah adalah seseorang yang membutuhkan air untuk memenuhi kebutuhan dahaga.

Dahaga orang tersebut sudah terpenuhi dengan segelas air, akan tetapi orang tersebut tidak hanya menginginkan kebutuhannya saja melainkan juga ingin memenuhi keinginan yaitu segelas air dengan merek tertentu misalnya merek aqua yang bersih dan mudah di bawa kemana mana ataupun merek leminerale yang berasa lebih manis dibandingkan air yang lainnya. Maka orang tersebut memilih merek yang disukainya yang sesuai dengan kebutuhan akan dahaganya dan juga yang sesuai dengan merek yang diinginkannya.

Konsep Sederhana Pemasaran / Marketing

Proses untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan seseorang itulah yang bisa menjadi konsep dalam pemasaran. Pemasaran bisa dimulai dari pemenuhan produk, penetapan harga produk, pengiriman baangnya dan juga promosi barang tersebut. orang yang bekerja pada bidang pemasaran dapat dikatakan sebagai pemasar. Pemasar yang baik adalah yang memiliki pengetahuan dalam konsep dan juga memiliki pengetahuan dalam pemasaran agar kegiatan memasarkan barangnya dapat tercapai sesuai kebutuhan dan juga keinginan seseorang terutama konsumen yang akan dituju.

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah hal yang terpenting untuk perusahaan agar perusahaan bisa bertahan dan juga semakin maju. Strategi pemasaran merupakan cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan sebuah perusahaan. Strategi pemasaran adalah serangkaian carayang besar yang menggambarkan sebuah perusahaan harus beroperasi guna mencapai tujuannya.

Dalam hal menjalankan usaha mikro kecul pada khususnya memerlukan perkembangan melalui strategi pemasaran. Pada banyak contoh dalam dunia nyata pada saat kondisi sedang tidak bersahabat  ataupun sedang kritis yang bisa membantu adalah usaha kecil yang bisa memberikan pertumbuhan perekonomian untuk masyarakat.

Proses Pemasaran

Proses pemasaranan bisa dimulai dari mengetahui apa yang diinginkan oleh masyarakat. Tujuan dari pemasaran antara lain adalah :

  1. Masyarakat ataupun konsumen dapat mengetahui secara menyeluruh produk yang dihasilkan oleh perusahaan dan perusahaan bisa menyediakan permintaan masyarakat atau konsumen dari produk yang dihasilkannya.
  2. Perusahaan bisa menjelaskan secara menyeluruh kegiatan yang bisa berhubungan dengan pemasarannya. Kegiatan pemasaran tersebut meliputi berbagai kegiatan perusahaan, komunikasi yang terjadi antara perusahaan dengan konsumen dan juga pengiriman produk dari perusahaan sampai ke konsumen dengan cepat dan pasti.
  3. Bisa mengenal dan juga memahami konsumen yang beragam sifatnya sehingga produk yang dikeluarkannya bisa cocok dengan konsumen dan juga dapat laku lancar di pasaran.

Pada dasarnya kegiatan pemasaran tersebut berkaitan dengan koordinasi dari beberapa kegiatan perbisnisan. Strategi pemasaran bisa dipengaruhi oleh faktor mikro dan juga faktor makro. Faktor mikro adalah perantara pemasaran, pesaing, pemasok dan juga masyarakat yang menjadi calon konsumen. Faktor makro adalah ekonomi atau demografi, teknologi, sosial, budaya, politik dan juga hukum.

Faktor-Faktor dalam Pemasaran

Hal yang perlu diperhatikan dalam hal pemasaran untuk penjual antara lain adalah tempat penjualan yang strategis, produk yang memiliki mutu tinggi, promosi yang sangat banyak ataupun yang gencar dan juga harga yang bisa bersaing dengan produk lainnya. Dari sudut konsumen harus melihat biaya yang dikeluarkan konsumen, kebutuhan dan keinginan konsumen, kenyamanan konsumen dan juga komunikasi yang lancar dengan konsumen.

Dari uraian diatas, pembuatan produk maupun jasa yang banyak di inginkan konsumen harus menjadi titik fokus kegiatan ataupun perencanaan dalam sebuah perusahaan. Pemasaran yang berkelanjutan harus mempunyai koordinasi yang baik dengan bagian lainnya tidak hanya pada bagian pemasaran saja, sehingga bisa menciptakan perkembangan dalam melakukan pemasaran.

Leave a Comment