Definisi Poster, Ciri-Ciri, Tujuan dan Cara Membuatnya

Poster yaitu media untuk publikasi yang terdiri dari gambar, tulisan maupun kombinasi antara keduanya yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak umum. poster di pajang atau di pasang di tempat umum yang cukup strategis yang dapat terlihat dengan mudah oleh orang banyak misalnya di kantor, sekolah, mall, pasar dan juga tempat keramaian yang lain. Informasi yang terdapat dalam poster tersebut bersifat mengajak orang yang membaca untuk menggunakan ataupun memakai sesuatu yang diinformasikan di dalam poster.

Definisi Poster Secara Umum

Pengertian poster yang lain ialah merupakan sebuah karya dibidang seni grafis yang bisa dibuat dari perpaduan antara huruf dan juga angka diĀ  atas kertas yang ukurannya cukup besar yang bisa dilihat orang dari jarak yang cukup jauh. Poster tersebut biasanya di tempel di dinding ataupun permukaan yang datar di tempat umum yang biasanya ramai agar informasi dan juga pesan yang terdapat di dalam poster dapat disampaikan dengan mudah kepada masyarakat umum.

Ciri-Ciri Umum Poster

Poster mempunyai ciri ciri yang mendasar antara lain adalah :

  1. Poster harus mempunyai desain grafis yang memuat komposisiĀ  yang terdiri dari huruf dan juga gambar ke media kertas ataupun kain yang mempunyai ukuran cukup besar.
  2. Cara menyampaikan poster dapat dengan menggunakan cara di tempel di dinding, tempat yang umum dan mempunyai permukaan yang datar yang bisa diihat dengan mudah dan menjadi daya tarik orang untuk membacanya.
  3. Poster dibuat dengan menggunakan warna yang cerah, kontras dan kuat agar dapat menarik perhatian dari orang yang melihatnya.
  4. Poster menggunakan bahasa yang cukup singkat, tidak rancu dan jelas sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh orang yang membacanya walaupun hanya singkat.
  5. Poster biasanya menyampaikan pesan dengan menggunakan kata kata beserta gambar untuk memperjelasnya.
  6. Poster bisa dibaca dan dipahami walaupun orang yang membaca sambil jalan ataupun berkendara.

Tujuan Dibuatnya Sebuah Poster

Tujuan dibuatnya poster adalah untuk media publikasi sebuah produk maupun jasa kepada masyarakat agar masyarakat bisa mengetahuinya, membaca dan melakukan sesuatu yang disampaikan di dalam informasi poster tersebut. pembuat dapat menentukan maksud dan tujuan membuat poster sesuai dengan keinginannya, contohnya bisa digunakan untuk tujuan penjualan atau komersiil, mencari perhatian dari masyarakat, mencari simpati dari publik, dan yang lainnya.

Jenis-Jenis Poster

Terdapat beberapa jenis poster yang biasa digunakan seseorang maupun sekelompok orang dalam membuat poster, antara lain adalah :

  1. Poster niaga, yaitu poster yang dibuat yang mempunyai tujuan membuat media komunikasi yang menyampaikan urusan perniagaan atau yang isinya berupa menawarkan suatu produk barang ataupun jasa.
  2. Poster kegiatan, ialah poster yang isinya berisi sesuatu kegiatan, kegiatan tersebut bisa berupa kegiatan gerak jalan, jalan santai, senam dan yang lain sebagainya.
  3. Poster pendidikan, ialah poster yang isinya berupa informasi untuk mendidik.
  4. Poster layanan masyarakat, ialah poster yang bertujuan untuk masalah pelayanan kepada masyarakat. Misalnya bisa tentang pelayanan kesehatan, pelayanan publik dan lain sebagainya.

Tips Cara Membuat Poster yang Menarik

Cara membuat poster cukup mudah, berikut ini adalah beberapa cara agar bisa membuat poster yang baik dan juga bisa sesuai target yang diinginkan. Cara yang pertama adalah dengan menentukan topik dan tujuan membuat poster.

Yang kedua adalah membuat kalimat yang singkat, bersifat mensugesti dan juga dimengerti oleh semua orang. Yang ketiga adalah menggunakan gambar yang menarik dan sesuai dengan kalimat yang dipakai di dalam poster.

Dan yang terakhir adalah dengan menggunakan media yang tepat agar dapat dilihat dengan mudah oleh orang dan di tempelkan di tempat yang banyak dilihat banyak orang.

Leave a Comment