12 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Sejarah berasal dari bahasa Yunani historia yang mempunyai makna penyelidikan atau pengetahuan yang didapat dari proses penelitian. Sejarah dapat diartikan sebagai sebuah studi mengenai masa lalu yang dikhususkan tentang bagaimana hubungannya dengan kehidupan manusia. Sejarah dalam bahasa Indonesia dapat berupa babad, hikayat, tambo, atau riwayat yang mempunyai makna sebagai sebuah kejadian ataupun peristiwa pada masa lalu. Selain itu, sejarah juga dapat diartikan sebagai silsilah atau keturunan terutama bagi para raja yang pernah memerintah.

Definisi Sejarah Menurut Pakar Ahli

Terdapat beberapa ahli yang ikut serta memberikan pendapat tentang pengertian dari sejarah ini, diantaranya adalah :

Sejarah Menurut Aristoteles

Sejarah merupakan sebuah sistem yang meneliti tentang sebuah kejadian sejak awal kejadian itu berlangsung dan disusun dalam sebuah kronologi tertentu. pada suatu masa yang sama, beliau juga mengemukakan bahwa sejarah merupakan peristiwa peristiwa yang terjadi di masa lalu dan mempunyai catatan catatan tertentu serta bukti bukti yang sifatnya konkret.

Sejarah Menurut J. V. Bryce

Sejarah merupakan catatan dari berbagai kejadian yang telah dipikirkan sebelumnya, dikatakan sebelumnya, dan tentunya dilakukan oleh umat manusia.

Sejarah Menurut Patrick Gardiner

Sejarah merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai apa apa yang telah dilakukan oleh umat manusia.

Sejarah Menurut W.H. Walsh

Sejarah fokus pada hal hal catat mencatat yang artinya penting bagi kehidupan manusia. catatan tersebut dapat berupa tindakan tindakan tertentu dan pengalaman tertentu dari manusia di masa lalu yang berkaitan dengan hal hal penting dan menjadi sebuah cerita yang berarti bagi orang orang tertentu pula.

Sejarah Menurut Roeslan Abdulgani

Sejarah atau ilmu sejarah merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang melakukan penelitian dan penyeliidkan sistematis mengenai keseluruhan perkembangan masyarakat di masa lalu berupa kejadian kejadian dan dimaksudkan untuk menilai secara kritis hasil penelitiannya tersebut dan dijadikan landasan dalam menentukan keadaan dimasa yang akan datang.

Sejarah Menurut Moh. Yamin

Sejarah merupakan sebuah ilmu pengetahuan yag tersusun dari hasil penyelidikan atas berbagai macam peristiwa dengan berbagai bukti berupa fakta.

Sejarah Menurut Ibnu Kaldun

Sejarah dapat diartikan sebagai sebuah catatan mengenai masyarakat secara umum dari peradaban manusia yang terjadi pada sebuah watak dari masyarakat tertentu.

Sejarah Menurut Moh Hatta

Menurut beliau, sejarah tidak hanya mampu melahirkan cerita dari berbagai fenomena dan kejadian di masa lampau sebagai sebuah problematika. Sejarah pun tidak hanya sekedar membahas tentang masa lalu. Sejarah fokus pada pemahaman tentang masa lalu yang mengandung berbagai macam dinamika serta problematika yang dapat menjadi pembelajaran bagi kehidupan berikutnya.

Sejarah Menurut Herodotus

Sejarah merupakan sebuah kajian yang dilakukan guna menceritakan mengenai perputaran jatuh bangunnya masyarakat, peradaban ataupun tokoh tertentu.

Sejarah Menurut Benedetto Croce

Sejarah merupakan rekaman dari jiwa manusia dan kreasinya dalam berbagai macam bidang baik itu teoritikal ataupun praktikal. Kreasi ini senantiasa terlahir dalam pikiran dan juga hati tiap tiap manusia yang jenius, para budayawan, dan juga pemikir.

Sejarah Menurut J. Bank

Sejarah merupakan kejadian di masa lampau yang dapat membantu para murid untuk memberikan pemahaman pada perilaku manusia di masa yang telah lampau, masa sekarang, dan juga masa depan.

Sejarah Menurut Ertis Stern

Sejarah berasal dari sebuah persoalan dalam hidup dan bahkan dapat pula melayani hidup masyarakat. Maka dari itu sejarah sifatnya fleksibel dan dapat berubah seiring dengan berubahnya waktu, pemikiran, dan harapan masyarakat.

Leave a Comment