Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Definisi Umum Software

Pengertian software atau perangkat lunak dalam ilmu komputer disebut sebagai data yang dapat disimpan secara elektronik. Software merupakan sebuah seperangkat program yang sangat dibutuhkan pada peralatan elektronik seperti laptop, komputer atau smartphone.

Definisi software adalah seperangkat program atau paket yang tidak dapat disentuh dan dirasakan sebagaimana. hardware Software menyediakan komunikasi yang lebih baik antara komputer atau PC dan pengguna. Makna software sendiri adalah kombinasi instruksi untuk melakukan tugas tertentu.

Perbedaan Software dengan Hardware

Istilah software dan hardware digunakan baik sebagai kata benda dan kata sifat. Misalnya, Anda dapat mengatakan: “Masalahnya terletak pada software,” yang berarti ada masalah dengan program atau data, bukan dengan komputer itu sendiri.

Perbedaan antara software dan hardware terkadang membingungkan karena keduanya sangat terhubung secara kesatuan. Jelas, ketika Anda membeli program, Anda membeli software. Tetapi untuk membeli software, Anda perlu membeli disk (hardware) di mana software tersebut direkam.

Baca juga : Pengertian Jaringan di Komputer / Internet, Jenis dan Sejarahnya

Arti kata software dalam arti yang paling umum, adalah seperangkat instruksi atau program yang memerintahkan komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Software adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan program komputer. Skrip, aplikasi, program, dan serangkaian instruksi adalah semua istilah yang sering digunakan untuk mendeskripsikan software

Sejarah Software Komputer

Definisi softwaremenurut ahli dapat didefinisikan sebagai instruksi terprogram yang disimpan dalam memori komputer digital yang disimpan dalam program untuk eksekusi oleh prosesor. Software adalah perkembangan terbaru dalam sejarah manusia, dan merupakan kebutuhan yang mendasar dari era Informasi.

Sejarah pengembangan softwaredimulai sebelum adanya komputer. Menurut sejarah adanya komputer, software dibuat jauh sebelum komputer elektronik pertama muncul. Sebagai penggagas konsep software, diberikan kepada Charles Babbage yang menciptakan softwarepada pertengahan 1800-an

Namun sebenarnya teori software pertama kali diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1935 dalam esainya “Nomor komputasi dengan aplikasi ke masalah Entscheidung.” Namun, kata software diciptakan oleh matematikawan dan ahli statistik John Tukey pada tahun 1958. John Tukey adalah ahli Matematika dari Amerika yang membahas program kalkulator elektronik.

Alan Turing menjadi orang pertama yang datang dengan teori untuk software pada tahun 1935 dan didaulat sebagai penemu software. Ia yang menyebabkan dua bidang akademik ilmu komputer dan rekayasa softwaremenjadi saat ini.

Baca juga : Pengertian Komputer Umum dan Menurut Ahli dan Sejarahnya

Generasi pertama software untuk komputer digital program sendiri mulai muncul pada tahun 1940-an. Pada sat itu software memiliki instruksi yang ditulis langsung dalam kode biner, yang umumnya ditulis untuk komputer mainframe.

Kemudian, bahasa program semakin berkembang sesuai dengan kemajuan zaman. Semakin berkembangnya teknologi maka semakin membuat software juga ikut berkembang.

Kategori Software dalam Komputer

Perangkat Lunak sering dibagi menjadi tiga kategori yaitu:

1. Software sistem

Software sistem mencakup sistem operasi dan semua utilitas yang memungkinkan komputer berfungsi. Software sistem berfungsi sebagai dasar untuk software aplikasi. Software sistem termasuk driver perangkat, sistem operasi (OS), kompiler, disk formatter, editor teks dan kesatuan yang membantu komputer untuk beroperasi lebih efisien.

Software sistem juga bertanggung jawab untuk mengelola komponen hardwaredan menyediakan fungsi dasar non-tugas-spesifik. Software sistem biasanya ditulis dalam bahasa pemrograman C.

2. Software pemrograman

Software pemrograman adalah seperangkat alat untuk membantu pengembang dalam menulis program. Berbagai alat yang tersedia dalam pemrogaman adalah compiler, linker, debugger, interpreter, dan editor teks.

3. Software aplikasi

Pengertian software aplikasi dimaksudkan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Contoh software aplikasi termasuk suite kantor, aplikasi game, sistem basis data, dan software pendidikan. Software aplikasi dapat berupa satu program atau kumpulan program kecil.

Softwareatau aplikasi termasuk program yang melakukan pekerjaan nyata bagi pengguna. Misalnya, pengolah kata, spreadsheet, dan sistem manajemen basis data termasuk dalam kategori software aplikasi.

Contoh-Contoh Software Dalam Komputer

1. Software Sistem

Softwaresistem adalah software yang dapat digunakan untuk mengontrol sistem dan juga digunakan untuk menjalankan aplikasi.

Contoh: DOS, Unix dll.

2. Software Aplikasi

Softwareaplikasi adalah software yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu.

Contoh penghitungan, penggajian, dll.

Baca juga : Pengertian Jaringan Komputer, Sejarah & Jenis-Jenisnya

3. Software Utilitas

Software utilitas adalah software yang digunakan oleh semua orang.

Contoh: -MS Office.

4. Software Presentasi

Softwarepresentasi adalah software yang digunakan untuk membuat presentasi di komputer.

Contoh PowerPoint.

5. Bahasa Software

Bahasa software adalah softwareyang digunakan untuk mengembangkan bahasa kode.

Contoh: -c, c ++, HTML5 dll.

Software dan Sistem Operasi

Kebanyakan program software dirancang untuk bekerja hanya dengan satu sistem operasi perusahaan, seperti hanya Windows (Microsoft) atau hanya macOS (Apple).

Softwareyang jelas akan mengatakan sistem operasi mana yang didukung dan akan menjadi sangat spesifik, miisalnya, program softwareproduksi video mungkin mengatakan bahwa perangkat tersebut mendukung Windows 10, Windows 8, dan Windows 7, tetapi tidak mendukung versi Windows yang lebih lama seperti Windows Vista dan XP.

Contoh program produksi video, perusahaan  mungkin juga merilis versi lain dari program dengan fitur yang persis sama tetapi hanya berfungsi dengan macOS. Pengembang software juga sering merilis versi tambahan yang bekerja dengan sistem operasi lain.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apakah sistem operasi pada komputer Anda 32-bit atau 64-bit?  Tentu saja pertanyaan umum itu adalah hal yang penting untuk Anda pikirkan ketika Anda hendak mengunduh software.

Contoh Sistem Operasi Software (Operation System Software)

Laptop, tablet, dan komputer desktopsemuanya menjalankan sistem operasi yang mungkin pernah Anda dengar. Beberapa contoh darisoftwareadalah versi Microsoft Windows adalah :

  1. Windows 10
  2. Windows 8
  3. Windows 7
  4. Windows Vista
  5. Windows XP
  6. macOS Apple
  7. iOS,
  8. Chrome OS
  9. BlackBerry
  10. Tablet OS,
  11. sistem Linux.

Sama halnya dengan komputer, smartphone juga menjalankan sistem operasi atau software Seperti iOS Apple atau Android Google. Baik iOS atau android, keduanya adalah sesutau yang sama dan saling berkaitan.

Walau kadang ada beberapa sistem aplikasi dari iOS yang tidak bisa digunakan di android atau sebaliknya, namun yang perlu Anda sadari, keduanya adalah sistem operasi yang digunakan pada perangkat bernama smartphone.

Server dalam sebuah situs web yang Anda kunjungi atau melayani video yang Anda tonton, biasanya juga menjalankan sistem operasi khusus. Sistem operasi ini dirancang dan dioptimalkan untuk kinerja softwarekhusus yang diperlukan untuk membuat smratphone bisa melakukan apa yang pengguna ingin lakukan.

Baik smartphone atau komputer, dua alat elektronik ini tetap mempunyai dua komponen yang sangat berkaitan satu sama lain, yaitu softwaredan hardware. Kerusakan hardware memang bisa dikatakan hal yang merugikan karena perangkat yang rusak terkadang tidak bisa diperbaiki dan harus menggantinya dengan yang baru.

Namun jika software juga bermasalah, maka sistem pada komputer atau smartphone juga sama halnya tidak bisa berfungsi.

Demikian pengertian software, sejarah dan contoh-contoh softwaredalam sebuah komputer yang bisa diulas. Ya, software memang sudah mengalami perkembangan yang luar biasa dari tahun ke tahun dan patut untuk diacungi jempol.

Leave a Comment