Pengertian Teks Eksplanasi

Salah satu materi Bahasa Indonesia yang cukup menarik untuk dibahas adalah materi tentang teks eksplanasi. Mungkin materi teks eksplanasi sudah sangat familiar di kalangan pelajar di jenjang SMA/MA/SMK.

Pembahasan tentang teks ini semakin detail setelah kemunculan kurikulum baru, kurikulum 2013. Untuk sebagian siswa, mungkin memahami teks ini adalah salah satu sulit, padahal anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Cara untuk bisa memahami teks tersebut adalah dengan cara mempelajari berbagai hal tentang teks ini. Coba pahami dan analisis ciri-ciri dan struktur dari teks ini supaya Anda dapat dengan mudah mengetahuinya.

Dengan begitu, kita dapat membuat bahan makalah teks eksplanasi dengan benar. Di pembahasan selanjutnya Anda akan belajar mengenai pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri, hingga contoh teks eksplanasi. Simak pembahasan nya sebagai berikut!

Definisi Umum Teks Eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi yakni sebuah teks yang berisikan tentang proses bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi dan pembahasan selalu terkait suatu topik.

Topik-topik tersebut berhubungan dengan fenomena alam, budaya, ilmu pengetahuan dan berbagai hal lainnya. Teks ini biasanya memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca agar suatu topik lebih mudah dipahami.

Baca Juga: pengertian pendidikan

Biasanya teks eksplanasi ini memiliki berbagai ciri-ciri yang diantaranya struktur teks terdiri dari pernyataan umum dan memiliki sebab akibat serta interpretasi.

apa itu teks eksplanasi
apa itu teks eksplanasi (everydayhealth.com)

Selain itu, informasi yang dimuat pun harus merupakan sebuah fakta bukan opini  seseorang apalagi karangan dan fakta tersebut dijabarkan berdasarkan pada karya ilmiah. Dengan persyaratan teks harus berupa karya ilmiah, maka teks atau tulisan yang dihasilkan pun lebih mampu dipercaya dan bisa dipertanggungjawabkan.

Definisi teks eksplanasi lainnya yakni teks yang memberikan penjelasan mengenai terbentuknya suatu fenomena sosial. Dalam teks tersebut peristiwa muncul karena adanya peristiwa lain, atau peristiwa satu dengan yang lainnya saling terhubung satu sama lain.

Pada teks eksplanasi juga sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain sesudahnya. Dengan kata lain, ada sebab akibat diantara beberapa fenomena yang saling berkaitan satu sama lain, adanya fenomena satu dikarena fenomena lainnya dan demikian seterusnya.

Definisi Eksplanasi Menurut Ahli

1. Restuti

Ada beberapa argumen mengenai definisi teks eksplanasi menurut beberapa ahli misalnya Restuti 2013:85 , Restuti mengatakan jika pengertian Teks Eksplanasi merupakan sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

2. Mahsun

Sedangkan menurut Mahsun ( 2013: 189 ), Teks Eksplanasi adalah  disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup. Baik pernyataan pertama maupun kedua sama-sama benar dan saling melengkapi satu sama lain.

Selain kedua ahli tersebut tentu masih terdapat berbagai argumen terkait teks eksplanasi dari berbagai sumber dan ahli, namun di artikel ini cukup dua ahli yang penulis sebutkan sebagai pembanding.

Definisi Menurut Bahasa

Eksplanasi berasal dari gabungan dua kata yakni teks dan eksplanasi. Teks artinya tulisan panjang, dan eksplanasi berasal dari kata bahasa Inggris “explain” yang berarti menjelaskan. Sehingga makna teks ini secara keseluruhan yakni sebuah teks yang fungsinya untuk memperjelas sesuatu yang bisa berupa apa saja.

Macam-macam Text Eksplanasi

Wahidi (2009) menyebutkan ada dua jenis teks eksplanasi yaitu teks eksplanasi yang menjelaskan bagaimana dan apa. Pertama, bagaimana adalah pertanyaan dan pernyataan mengenai cara, bagaimana memisahkan dua orang yang sedang berkelahi.

Baca Juga: pengertian puisi

Bagaimana ini bisa berupa apa saja. Sedangkan contoh kedua, apa yang menyebabkan anak tetangga sering menangis tengah malam. Kedua adalah apa, apa di sini untuk mengatakan atau menyebutkan sesuatu hal.

Sususan Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi sendiri disusun dengan susunan struktur yang terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup. Pembukaan berisikan bagian yang memberikan penjelasan tentang pernyataan bersifat umum. Isi adalah deretan dari penjelasan.

Sedangkan penutup berisikan konklusi dan interpretasi. Bagian pembukaan ini berisikan berbagai macam informasi yang sifatnya singkat mengenai apa yang sedang dibicarakan.

Bagian isi berisikan uraian penjelasan mengenai sebuah peristiwa atau fenomena yang sedang terjadi. Sedangkan bagian penutup atau interpretasi berisikan pendapat dari penulis mengenai sebuah peristiwa yang terjadi. Bagian penutup dalam teks eksplanasi ini bisa dicantumkan ataupun tidak dicantumkan.

Teks ekplanasi ini banyak ditulis oleh para penulis dengan tujuan untuk memberikan perhitungan tentang sesuatu, mengapa sebuah kejadian atau fenomena dapat terjadi sedemikian rupa.

Teks eksplanasi ini lebih menggambarkan sebuah proses dari kejadian atau fenomena tertentu dibandingkan menjelaskan tentang sesuatu layaknya uraian deskriptif.

Pada sebuah teks eksplanasi dijelaskan tentang adanya peristiwa tertentu yang timbul karena peristiwa lain yang telah mendasari sebelumnya dimana peristiwa tersebut dapat menyebabkan peristiwa lain lagi sebagaimana peristiwa sebelumnya.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Ciri ciri dari teks eksplanasi dapat anda ketahui dari beberapa hal berikut :

  1. Terdiri atas pernyataan umum (pembuka), kalimat kalimat penjelas atau deretan penjelas (isi), dan penutup atau interpretasi. Pernyataan umum ini berupa gambaran awal dari apa yang akan disampaikan dengan berbagai pernyataan yang sifatnya umum. Bagian isi atau deretan penjelasan adalah inti dari teks eksplanasi dan menjelaskan apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Sedangkan bagian penutup atau interpretasi berisikan sebuah pandangan dan kesimpulan dari penulis yang sifatnya opsional karena boleh dicantumkan ataupun tidak dicantumkan.
  2. Berisikan sebuah informasi yang didasarkan atas kejadian faktual.
  3. Kejadian yang faktual tersebut berisikan informasi yang sifatnya sains.

Ciri bahasa yang terdapat dalam sebuah teks eksplanasi adalah sebagai berikut :

  1. Mempunyai fokus yang bear pada bagian bagian umum atau generic, bukan berupa partisipan manusia, seperti contohnya tentang gempa bumi, banjir, udara, maupun hujan.
  2. Memungkinnya dicantumkannya istilah istilah ilmiah atau istilah dalam sebuah bidang ilmu tertentu.
  3. Banyak memakai kata kerja yang sifatnya material dan relasional (disebut juga kata kerja yang aktif).
  4. Memakai konjungsi kausal dan konjungsi waktu, seperti contohnya bila, sehingga, jika, ataupun kemudian, dan lain sebagainya.
  5. Memakai kalimat pasif.
  6. Teks eksplanasi sengaja ditulis guna membuat sebuah justifikasi tentang sesuatu yang menerangkan bahwa kejadian sebab akibat itu adalah benar.

Menulis teks ekplanasi saat ini merupakan salah satu komponen yang diajarkan dalam proses belajar mengajar. Kegiatan menulis teks eksplanasi ini biasanya akan diadakan sebagai salah satu evaluasi bagi siswa setelah mempelajari tentang teks ekplanasi tersebut secara teori.

Baca Juga: pengertian teks eksposisi

Output dari pembelajaran tentang teks eksplanasi ini adalah siswa apat menulis hasil observasi mereka tentang keberadaan dan urgensi teks eksplanasi ini baik itu berupa isinya, struktur teksnya, ataupun struktur kebahasaan yang dipakai dalam teks eksplanasi.

Teks Eksplanasi Menurut NWS

macam macam text eksplanasi
macam macam text eksplanasi (Lifehack)

Sementara itu NWS Departement School and Education (2012) membagi teks eksplanasi menjadi 4 jenis. Jenis-jenis tersebut diantaranya eksplanasi sequential, eksplanasi kausal, eksplanasi teoritis, dan eksplanasi faktorial dimana masing-maing jenis memiliki pengertian yang berbeda dengan isi yang juga tidaklah sama.

a. Teks Eksplanasi Sequential

Eksplanasi Sequential yaitu Teks eksplanasi yang fokus pada rincian fenomena misalnya seperti metamorfosis. Eksplanasi Kausal yakni teks Eksplanasi yang berisikan asal-muasal atau sebab terjadinya sesuatu dengan tahap-tahap yang dilalui.

Contoh lainnya misalnya sebab terjadinya angin yang disertai badai kencang akhir bulan juli ini, atau sebab terjadinya angin gurun, sebab terjadinya gerhana bulan dan lain sebagainya.

a. Teks Eksplanasi Teoritis

Adapun teks eksplanasi teoritis yakni teks yang berisi spekulasi hal hal yang bisa terjadi dibalik sebuah fenomena alam. Dan eksplanasi faktorial yaitu teks eksplanasi yang di dalamnya berisi efek serta hasil sebuah proses misalnya proses ulat menjadi kupu-kupu, proses terjadinya pelangi setelah hujan, proses membuat kue carabika dan lain-lain.

Kelebihan Teks Eksplanasi

Setiap tipe tipe teks tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk teks eksplanasi. Secara langsung, teks eksplanasi memiliki kelebihan yang paling menonjol yakni karena berupa paparan panjang sehingga mempermudah pembaca memahami.

Kita kembali ke asal kata yakni eksplain, yangartinya menjelaskan dan karena itu teks dengan jenis ini memang dimaksudkan untuk menjelaskan sesuatu hal dengan model tulisan deskripsi atau paparan.

Kekurangan Teks Eksplanasi

Sedangkan untuk kekurangan dari teks jenis ini yaitu model teks hanya menjelaskan 1 buah objek dengan struktur tulisan yang terbatas namun mendalam. Selain itu, untuk bisa melihat kelebihan dan kekurangan teks explanasi berdasarkan konten tulisan perlu adanya memahami isi, struktur teks dan bahasa teks yang digunakan secara keseluruhan.

Untuk isi teks, maksudnya yakni terkait penjelasan mengenai fenomena sosial yang tengah dibahas, asal usul fenomena tersebut, tahapan dan kebenarannya.

Sedangkan untuk struktur teks, kalimat teks harus berupa pernyataan umum topik yang dibahas,  hingga menghasilkan kesimpulan. Selain itu, text eksplanasi juga wajib ditulis berdasarkan kaidah teks baku yang mencakup ejaan, pilihan kata, tanda baca, dan masing-masing paragraf harus ditulis secara padu.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Dalam setiap jenis teks mengandung beberapakaidah bahasa yang biasanya digunakan termasuk dlaam teks jenis ekspanasi. Beberapa kaidah bahasa yang sering digunakan diantaranya yakni isi yang fokuspad ahal umum misalnya tsunami, gempa bumi, banjir, dn lain-lain yang bukan manusia.

Selain menggunakan istilah ilmiah, teks jenis ini jugabanyak menggunakan verba material dan verba relasional. Terakhir, teks jenis ini menggunakan konjungsi waktu dan kausal.

Fungsi Fakta Dalam Teks Eksplanasi

Eksplanasi selalu dibuat sesuai dengan fakta yang ada. Sebenarnya, apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi itu? Fungsinya adalah untuk menjelaskan dan menggambarkan suatu kejadian atau  yang terjadi dengan menyertai contoh yang ada di sekitar. Tujuannya agar pembaca lebih mudah dalam memahami isi dari teks tersebut.

Baca Juga: pengertian toleransi

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi teks dalam teks ini adalah untuk menjelaskan suatu sebab akibat dari peristiwa. Fenomena yang terjadi di sekitar kita pasti memiliki penyebab yang menjadikan hal tersebut terjadi.

Jika fenomena itu sudah terjadi, maka kita pun juga bisa menganalisa apa akibat dari fenomena tersebut. Di sinilah fakta menjadi sangat penting untuk membuat pembaca lebih paham dengan peristiwa yang terjadi tersebut.

Tujuan Teks Eksplanasi

Apa itu tujuan teks eksplanasi sebenarnya? Teks eksplanasi dibuat dengan maksud tertentu. Tujuan dari teks ini sendiri yaitu untuk menjelaskan kejadian atau peristiwa yang terjadi.

Tidak hanya menjelaskan proses terjadinya saja, tetapi teks ini juga menjelaskan sebab dan akibat suatu peristiwa. Pembahasannya meliputi Alasan mengapa peristiwa itu terjadi dan apa akibat yang ditimbulkannya dari adanya kejadian itu.

Unsur Kebahasaan Teks Eksplanasi

Ada beberapa unsur kebahasaan teks eksplanasi yang perlu Anda ketahui sebelum membuat teks tersebut. Beberapa diantaranya adalah adanya kata kerja aksi, kalimat yang digunakan pasif, menggunakan frase nominasi dan adverbia. Selain itu ia juga menggunakan nominasi umum dan konjungsi waktu dalam penjelasan nya.

Contoh Soal Teks Eksplanasi

Berikut adalah beberapa contoh soal teks eksplanasi yang dapat Anda coba selesaikan:

1. Berikut yang termasuk dalam struktur teks eksplanasi yaitu?

  • Tesis
  • Pernyataan umum
  • Koda
  • Argumentasi
  • Abstraksi

2. Di bawah ini yang merupakan ciri dari teks eksplanasi adalah …

  • Berisi pendapat dan opini
  • Berisi fakta
  • Terdapat prosedur atau langkah-langkah
  • Ada unsur persuasif di dalamnya
  • Pembahasan nya bersifat konyol

3. Secara umum teks eksplanasi membahas tentang berbagai fenomena di bawah ini, kecuali…

  • Fenomena atau kejadian sosial
  • Fenomena atau kejadian alam
  • Fenomena atau kejadian kawin cerai artis
  • Fenomena atau kejadian ekonomi kerakyatan
  • Fenomena atau kejadian pendidikan

4. Disebut apakah bagian terakhir dalam penjelasan dari sebuah teks eksplanasi itu?

  • Koda
  • Konklusi
  • Reorientasi
  • Interpretasi
  • Krisis

5. Berikut adalah termasuk dalam isi teks eksplanasi, kecuali…

  • Inti sari atau kesimpulan dari gagasan teks
  • Pernyataan mengenai topik
  • Konflik antar masing-masing tokoh dalam novel
  • Pernyataan umum tentang topik
  • Informasi yang sesuai fakta

Pola Pengembangan Teks Eksplanasi

Pola-pola pengembangan teks eksplanasi secara umum dibagi menjadi dua macam. Berikut adalah pembahasan detail nya beserta contoh teks eksplanasinya:

1. Sebab Akibat

Pola pengembangan yang pertama adalah pola sebab akibat. Dalam pola ini, sebab diposisikan sebagai gambaran umum dari sebuah teks. Sedangkan, akibat adalah pengembangan dari sebab itu. Namun, sebab tidak melulu menjadi gambaran atau gagasan umum saja, bisa saja kebalikannya.

Baca Juga: pengertian visi dan misi

Jika Anda memposisikan akibat menjadi pokok bahasan yang utama, maka Anda harus merincikan sebabnya. Sebab dan akibat ini sangat erat kaitannya dengan suatu proses peristiwa. Berikut adalah contohnya:

gempa bumi di yogya teks eksplanasi
gempa bumi di yogya teks eksplanasi (Pinterest)

Sebuah musibah berupa gempa bumi telanjang melanda daerah Yogyakarta. Gempa tersebut terjadi pada pukul 05.54 WIB tepatnya tanggal 27 Mei 2006.

Kedalaman gempa tersebut mencapai 17.1 km dengan besaran 6.2 skala Ritcher.. Pusatnya berada di wilayah barat daya Kota Yogyakarta sekitar 25 km.

Tersebut sudah mengakibatkan banyak orang meninggal dunia. Sedangkan, beberapa di antaranya mengalami luka-luka. Kejadian tersebut sudah menyebabkan banyak rumah roboh dan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Diinformasikan bahwa selain disebabkan oleh gempa, kerusakan juga disebabkan oleh longsor yang juga datang berdampingan. Itu mengapa, banyak bangunan di pemukiman warga mengalami kerusakan berat akibat gempa di Kabupaten Bantul tersebut.

2. Proses

Proses adalah suatu urutan daripada perbuatan-perbuatan yang dilakukan untuk menciptakan urutan dari suatu peristiwa. Dalam penyusunan sebuah proses dalam teks eksplanasi, Anda harus mengetahui beberapa langkah nya, berikut adalah langkah nya:

  1. Memahami perincian teks secara menyeluruh
  2. Proses dibagi menjadi beberapa tahap
  3. Menjelaskan suatu proses dengan detail dan jelas agar mudah dipahami.

Contoh proses dalam teks eksplanasi:

Pada bulan keempat, wajah mulai terlihat seperti manusia. Pada bulan kelima, mulai tampak rambut-rambut tumbuh di sekitar kepala.

Pada bulan keenam, sudah muncul alis dan bulu mata. Fetus mulai tampak seperti kulit orang tua dengan warna merah keripu di bulan ke tujuh. Pada bulan kedelapan, lemak-lemak mulai terbentuk sehingga keriput pun mulai menghilang.

Pada bulan ini, kaki sudah membulat, kuku sudah tumbuh, dan rambut asli mengalami kerontokan. Pada akhirnya, Fetus sudah terbentuk secara sempurna dan siap untuk dilahirkan.

Ada banyak sekali contoh teks eksplanasi beserta strukturnya yang dapat Anda ketahui. Beberapa diantaranya adalah contoh kejadian alam seperti contoh teks eksplanasi tentang tsunami, banjir, pelangi, dan lainnya. Mulai dari contoh teks eksplanasi kompleks hinggacontoh teks eksplanasi singkat dapat Anda temukan di sini.

Contoh Teks Eksplanasi Alam

Berikut adalah contoh teks eksplanasi bencana alam:

1. Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

teks eksplanasi tsunami
contoh teks eksplanasi bencana tsunami (NBC News)

Pernyataan Umum:

Tsunami merupakan pembagian dari dua suku kata bahasa Jepang yaitu “Tsu” dan “Nami“. “Tsu” berarti pelabuhan sedangkan “nami” adalah gelombang. Menurut para ilmuwan, arti tsunami setara dengan tidak wave atau gelombang pasang. Sebutan lainnya yaitu seismic sea waves atau gelombang laut akibat gempa.

Tsunami adalah gelombang laut yang datang dengan tiba-tiba. Kecepatan gelombang nya menuju kawasan pantai pun sangat tinggi. Fenomena ini terjadi akibat adanya aktivitas gempa di bawah laut atau aktivitas gunung berapi.

Urutan Sebab Akibat:

Ketika gempa datang dan permukaan pada dasar lain meningkat dan menurun maka pada saat itulah tsunami mulai terbentuk. Patahan yang terjadi membuat keseimbangan air laut menjadi tidak beraturan. Patahan yang besar tersebut lah yang memicu gelombang besar yang disebut dengan tsunami.

Setelah gempa terjadi, air laut akan kembali menyurut dan datang ke permukaan daratan dengan bentuk gelombang besar atau tsunami.

Tsunami yang datang karena adanya aktivitas gunung meletus akan mengakibatkan pergerakan air laut menjadi lebih tinggi. Kecepatan gelombang tsunami umumnya lebih besar dibandingkan gelombang biasa. Kecepatannya bisa mencapai 700 km/jam yang hampir setara dengan kecepatan pesawat.

Umumnya, ketinggian tsunami bisa berkisar antara 50 sampai 100 meter hingga menyebar ke segala arah. Ketinggiannya dipengaruhi oleh kedalaman dan bentuk pantai. Itu mengapa, gempa bumi yang terjadi di dasar laut sangat memicu terjadinya tsunami.

Simpulan (Interpretasi)

Faktanya, tsunami dapat menjadi salah satu fenomena alam yang sangat membahayakan bagi manusia. Hal ini dikarenakan tidak hanya bangunan yang mengalami kerusakan, kejadian itu pun juga dapat merenggut nyawa banyak orang.

Oleh karena itu, sangat wajib bagi kita untuk tetap waspada di setiap waktu dan mempersiapkan mental untuk menghadapi fenomena tsunami. Walaupun pada kenyataannya, tidak semua gempa atau letusan gunung dapat mengakibatkan terjadinya gelombang tsunami.

2. Contoh Teks Eksplanasi Banjir

teks eksplanasi banjir
contoh teks eksplanasi banjir

Peryataan umum:

Banjir merupakan suatu kejadian alam dimana terjadi akibat aliran air yang berlebih yang memenuhi daratan. Umumnya, banjir akan terjadi secara mendadak dan alirannya berlangsung sangat deras hingga mengakibatkan benda di sekitarnya hanyut.

Urutan sebab Akibat:

Ada beberapa hal yang menyebabkan banjir itu terjadi di suatu wilayah. Penyebab utama terjadinya adalah curah hujan yang tinggi yang menyebabkan sungai tidak mempu menampung kapasitas air yang berlebih, Selain curah hujan, penyebab lainnya yaitu banyaknya sampah yang menumpuk yang menyebabkan air mampat.

Penyebab lainnya bisa muncul karena adanya penebangan liar yang menyebabkan akar tidak dapat menyerap air hujan. Akibatnya, air akan menggenang menuju daratan dan menyebabkan banjir.

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan banjir juga dapat dilihat dari banyaknya pemukiman warga di pinggir sungai. Keadaan seperti ini dapat memungkinkan tanah di pinggir sungai longsor dan akhirnya tidak dapat menampung banyak air.

Faktor selanjutnya yang juga menjadi penyebab terjadinya banjir antara lain bendungan yang jebol. Bendungan jebol bisa terjadi karena lingkungan yang kurang terawat. Bisa juga karenakapasitas air hujan lebih tinggi daripada biasanya yangmana menyebabkan air tumpah ke daratan.

Baca Juga: pengertian novel

Simpulan atau Interpretasi

Ada tiga dampak yang muncul akibat terjadinya banjir. Dampak-dampak tersebut di antaranya dampak primer, dampak sekunder, dan dampak tersier. Untuk mengetahui penjelasan dari masing-masing dampak, simak ulasannya berikut!

Dampak primer: kerusakan fisik, misalnya kerusakan bangunan, kerusakan jembatan, jalan raya, , dan lain sebagainya.

Dampak Sekunder: timbulnya penyakit, kurangnya persediaan pangan, kesulitan transportasi, pepohonan tumbang, dan lain sebagainya.

Dampak Tersier atau dampak dalam jangka panjang : kesulitan ekonomi, pengangguran, jumlah wisatawan menurun, kelangkaan makanan, butuh biaya pembangunan untuk memperbaiki kerusakan, dan lainnya.

Oleh karenanya, pemerintah menghimbau masyarakat supaya tetap menjaga kebersihan lingkungan setempat. Menjaga lingkungan bisa diwujudkan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Kita dianjurkan untuk tidak membuang sampah di sungai karena aktivitas tersebut dapat mengakibatkan banjir datang.

3. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Kebakaran Hutan

Pernyataan Umum:

Kebakaran hutan adalah suatu kejadian ditandai dengan munculnya api dengan intensitas besar yang melahap pepohonan atau lingkungan di sekitar hutan. Kebakaran ini akan berdampak buruk bagi lingkungan sekitar dan makhluk hidup yang tinggal di dalamnya.

Urutan Sebab Akibat:

Ada 3 macam kebakaran hutan yang terjadi di sekitar kita, di antaranya kebakaran tajuk, kebakaran permukaan, dan kebakaran api tajuk.

Kebakaran tajuk ialah kebakaran yang melahap tanaman-tanaman di sekitar hutan dan pepohonan yang mudah terbakar. Kebakaran permukaan ialah kebakaran yang melahap lantai atau dasar hutan dengan sifat api yang mudah menyebar namun mudah dipadamkan.

Sedangkan kebakaran api tajuk ialah kebakaran yang melahap lapisan organik di bawah permukaan hutan. Kebakaran ini memiliki perambatan api yang lambat dan membutuhkan waktu lama.

Ada dua faktor yang mendasari adanya kebakaran hutan. Faktor tersebut di antaranya faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam di sini merujuk pada fenomena kekeringan yang panjang yang menimbulkan percikan api. Sedangkan faktor manusia merujuk pada kelalaian dan kesengajaan yang dibuat agar terjadi kebakaran hutan.

Beberapa ulah manusia yang menyebabkan kebakaran hutan yaitu membakar hutan secara liar dan membuang puntung rokok di hutan.

Kebakaran hutan dapat mengakibatkan timbulnya asap tebal yang mana memiliki kandungan gas berbahaya. Jika asap itu terhirup oleh tubuh, maka akan berdampak buruk bagi manusia. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh gas tersebut di antaranya kanker paru-paru, ISPA, dan penyakit pernapasan lainnya.

Simpulan atau Interpretasi:

Kebakaran hutan adalah fenomena alam yang sering terjadi di banyak negara tropis termasuk negara kita, Indonesia. Faktor utama yang menjadi penyebabnya adalah faktor alam dan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karenanya, kita dianjurkan untuk menjaga hutan kita mengingat bahwa hutan merupakan paru-paru dunia. Tentu, kita sebagai makhluk hidup yang hidup di dunia wajib hukumnya menjaga lingkungan di sekitarnya.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

1. Contoh Teks Eksplanasi Pelangi

teks eksplanasi pelangi
contoh teks eksplanasi pelangi (kompas)

Pernyataan Umum:

Pelangi atau biasa disebut dengan bianglala merupakan kejadian alam yang terjadi karena adanya pembiasan cahaya matahari. Ada beberapa macam warna yang ada pada pelangi. Warna tersebut bersatu, berjajar, dan tampak membentuk sudut 180 derajat.

Pelangi juga sering dianggap sebagai gejala optik. Secara umum, bentuk pelangi sama seperti bentuk busur yangmana pada masing-masing ujungnya menuju kepada titik yang berbeda. Titik tersebut disebut dengan titik horizon yang muncul ketika hujan ringan datang. Terkadang, kita juga bisa menjumpai pelangi di air terjun yang deras.

Urutan Sebab Akibat

Kemunculan pelangi disebabkan oleh pembiasan dan penyimpangan cahaya yang menjauhi partikel. Saat matahari terbenam, langit akan memerah karena adanya sinar matahari yang melalui atmosfer yang lebih tebal dibandingkan situasi matahari di siang hari.

Pelangi hanya dapat dilihat pada hari yang cerah, yang artinya kita tidak dapat menyaksikannya pada malam hari walaupun kondisinya mendung. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa pelangi adalah fenomena alam yang disebabkan oleh cahaya yang membias.

Terbentuknya pelangi diawali dari cahaya matahari yang melalui titik-titik hujan yang kemudian dibiaskan ke tengah titik-titik hujan tersebut. Kejadian tersebut menyebabkan cahaya putih berubah menjadi beberapa warna spektrum.

Baca Juga: pengertian surat

Simpulan atau interpretasi:

Fenomena pelangi dapat kita lihat pada saat terjadi hujan ketika matahari bersinar dari arah yang berlawanan dari kita menghadap. Oleh karenanya, posisi kita berpijak harus berada di antara matahari dan tetesan air hujan yangmana matahari berada di belakang kita.

Penjelasan sederhananya seperti ini, kita bertindak sebagai pengamat, sedangkan matahari dan pusat bujur pelangi bertindak sebagai objek. Dengan keadaan berikut, warna-warni pelangi yang indah dapat kita saksikan secara langsung. Warna pelangi yang akan muncul di antaranya Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, Ungu.

2. Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

teks eksplanasi gerhana bulan
contoh teks eksplanasi gerhana bulan (jawa pos)

1. Pernyataan Umum (Pembuka)

Pada 28 July 2018 Indonesia akan mengalami fenomena alam yang terjadi ratusan tahun sekali, yakni gerhana bulan. Gerhana bulan sendiri merupakan peristiwa alam terjadi ketika bulan beroposisi dengan matahari meskipun hal tersebut tidak selamanya memunculkan gerhana bulan.

Namun tahukah kalian kenapa ham tersebut bisa terjadi? Karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika besar. Jika hal itu terjadi, kemudian terjadi perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika, yang kemudian akan menyebabkan munculnya dua titik yang yang disebut dengan node. Gerhana bulan  terjadi jika bulan beroposisi dengan titik nude.

2. Isi

Meskipun terjadi gerhana bulan, kadang kadang kita masih bisa melihat cahaya bulan, hal itu dikarenakan sisa sinar matahari berbelok menuju arah bulan oleh atmosfer bumi. Sinar yang dibelokkan memiliki spektrum cahaya kemerahan, sehingga cahaya bulan ketika gerhana menjadi gelap.

3. Penutup (Interpretasi)

Jika terjadi bayangan bumi menutupi sebagian atau seluruh bulan, maka akan terjadi gerhana bulan. Terutama ketika bumi berada pada satu garis lurus yang sama dengan bulan dan menghalangi sinar matahari tidak dapat mencapai bulan.

Kira-kira seperti itulah contoh tulisan teks eksplanasi dengan sederhana mengenai gerhana bulan sesuai dengan pengertian teks eksplanasi yang telah penulis jelaskan diparaghraf awal.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

1. Contoh Teks Eksplanasi Budaya Bali (Tradisi Dugderan Kota Semarang )

teks eksplanasi kebudayaan
contoh teks eksplanasi kebudayaan (Kanalindonesia.com)

Pernyataan Umum:

Tradisi Dugderan adalah suatu tradisi yang sering diadakan di Bali, tepatnya di Kota Bali. Pada perayaannya, satu hal yang menjadi ciri khas dari tradisi ini adalah warak ngendog yang merupakan ikon dari tradisi ini.

Warak Ngendhog adalah seekor binatang yang menyerupai naga dan kuda (persilangan antar keduanya). Binatang ini biasanya dilengkapidengan sebutir telur yang disebut dengan Endhog.

Urutan Sebab akibat:

Tradisi ini biasa diadakan pada bulan puasa untuk menyemarakkannya. Biasanya masyarakat setempat tidak hanya mengusung Warak Ngendhog dalam acara tersebut, tetapi juga kerajinan tangan seperti kapal dan othok-othok. Barang-barang tersebut akan sulit ditemukan pada hari-hari selain bulan puasa.

Pada acara tersebut, kita tidak hanya bisa menyaksikan pertunjukan Warak Ngendhog dan kerajinan tangan, tetapi juga dapat membeli makanan lezat.

Simpulan atau Interpretasi:

Tradisi Dugderan merupakan tradisi yang sudah dikenal oleh banyak orang. Buktinya, pada waktu diadakan acaranya, tidak hanya masyarakat lokal yang datang tetapi juga non lokal. Tentu, melihat tersebut, sebagai masyarakat lokal Semarang, merasa bangga dengan adanya tradisi tersebut di daerahnya.

2. Contoh Teks Eksplanasi Sosial (Kemiskinan)

teks eksplanasi kemiskinan
contoh teks eksplanasi kemiskinan (Kompas.com)

Pernyataan Umum:

Kemiskinan adalah tingkat pendapatan individu atau kelompok yang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari. Beberapa kebutuhan pokok yang sulit terpenuhi di antaranya makan, pendidikan, tempat tinggal, dan lainnya. Umumnya, masyarakat yang dikategorikan miskin memilih tinggal di kolong jembatan, gubuk, atau bantaran kali untuk tempat hidupnya.

Tidak jarang, beberapa orang miskin juga membangun rumah sendiri dengan tanah milik negara. Fenomena kemiskinan ini memang sudah menjadi hal yang biasa di seluruh negara, khususnya negara berkembang.

Baca Juga: pengertian bahasa

Urutan Sebab Akibat:

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kemiskinan. Beberapa di antaranya adalah keterbatasan pendidikan dan rendahnya ekonomi. Beberapa faktor lainnya yang umumnya terjadi yaitu musibah, mengalami bangkrut, perbudakan, atau faktor lainnya.

Di balik banyaknya kemiskinan yang terjadi di masyarakat, pemerintah sebenarnya sudah melakukan banyak usaha. Beberapa usaha yang dilakukan di antaranya memperluas lapangan pekerjaan, menaikkan upah kerja, memberikan pendidikan gratis, dan menyediakan tempat tinggal murah.

Tentu, untuk mengurangi tingkat kemiskinan, pemerintah memerlukan bantuan dari masyarakat sekitar. Bantuan tersebut bisa berupa perilaku positif seperti menabung, tidak menghamburkan uang, membantu orang, dan lainnya.

Simpulan atau Interpretasi:

Seharusnya, kemiskinan tidak terjadi di Indonesia. Kemiskinan tidak akan terjadi jika seorang individu atau kelompok mau berusaha dan bersyukur dengan apa yang dimiliki. Ada banyak lapangan kerja yang masih diusahakan dan tentu untuk menghindari kemiskinan, kita juga harus berperilaku baik. Perilaku baik di sini merujuk pada perilaku yang tidak konsumtif.

Demikian adalah pembahasan lengkap tentang teks eksplanasi. Sekarang Anda sudah memahami mengenai definisi, ciri-ciri, hingga contohnya, bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda.

Leave a Comment