Pengertian Teks Eksplanasi

Definisi Umum Teks Eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi yakni sebuah teks yang berisikan tentang proses bagaimana dan mengapa sesuatu terjadi dan pembahasan selalu terkait suatu topik. Topik-topik tersebut berhubungan dengan fenomena alam, budaya, ilmu pengetahuan dan berbagai hal lainnya. Teks ini biasanya memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca agar suatu topik lebih mudah dipahami.

Biasanya teks eksplanasi ini memiliki berbagai ciri-ciri yang diantaranya struktur teks terdiri dari pernyataan umum dan memiliki sebab akibat serta interpretasi.

Selain itu, informasi yang dimuat pun harus merupakan sebuah fakta bukan opini  seseorang apalagi karangan dan fakta tersebut dijabarkan berdasarkan pada karya ilmiah. Dengan persyaratan teks harus berupa karya ilmiah, maka teks atau tulisan yang dihasilkan pun lebih mampu dipercaya dan bisa dipertanggungjawabkan.

Definisi teks eksplanasi lainnya yakni teks yang memberikan penjelasan mengenai terbentuknya suatu fenomena sosial. Dalam teks tersebut peristiwa muncul karena adanya peristiwa lain, atau peristiwa satu dengan yang lainnya saling terhubung satu sama lain.

Pada teks eksplanasi juga sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain sesudahnya. Dengan kata lain, ada sebab akibat diantara beberapa fenomena yang saling berkaitan satu sama lain, adanya fenomena satu dikarena fenomena lainnya dan demikian seterusnya.

Definisi Eksplanasi Menurut Ahli

1. Restuti

Ada beberapa argumen mengenai definisi teks eksplanasi menurut beberapa ahli misalnya Restuti 2013:85 , Restuti mengatakan jika pengertian Teks Eksplanasi merupakan sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

2. Mahsun

Sedangkan menurut Mahsun ( 2013: 189 ), Teks Eksplanasi adalah  disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup. Baik pernyataan pertama maupun kedua sama-sama benar dan saling melengkapi satu sama lain.

Selain kedua ahli tersebut tentu masih terdapat berbagai argumen terkait teks eksplanasi dari berbagai sumber dan ahli, namun di artikel ini cukup dua ahli yang penulis sebutkan sebagai pembanding.

Definisi Menurut Bahasa

Eksplanasi berasal dari gabungan dua kata yakni teks dan eksplanasi. Teks artinya tulisan panjang, dan eksplanasi berasal dari kata bahasa Inggris “explain” yang berarti menjelaskan. Sehingga makna teks ini secara keseluruhan yakni sebuah teks yang fungsinya untuk memperjelas sesuatu yang bisa berupa apa saja.

Macam-macam Text Eksplanasi

Wahidi (2009) menyebutkan ada dua jenis teks eksplanasi yaitu teks eksplanasi yang menjelaskan bagaimana dan apa. Pertama, bagaimana adalah pertanyaan dan pernyataan mengenai cara, bagaimana memisahkan dua orang yang sedang berkelahi.

Bagaimana ini bisa berupa apa saja. Sedangkan contoh kedua, apa yang menyebabkan anak tetangga sering menangis tengah malam. Kedua adalah apa, apa di sini untuk mengatakan atau menyebutkan sesuatu hal.

Sususan Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi sendiri disusun dengan susunan struktur yang terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup. Pembukaan berisikan bagian yang memberikan penjelasan tentang pernyataan bersifat umum. Isi adalah deretan dari penjelasan.

Sedangkan penutup berisikan konklusi dan interpretasi. Bagian pembukaan ini berisikan berbagai macam informasi yang sifatnya singkat mengenai apa yang sedang dibicarakan.

Bagian isi berisikan uraian penjelasan mengenai sebuah peristiwa atau fenomena yang sedang terjadi. Sedangkan bagian penutup atau interpretasi berisikan pendapat dari penulis mengenai sebuah peristiwa yang terjadi. Bagian penutup dalam teks eksplanasi ini bisa dicantumkan ataupun tidak dicantumkan.

Teks ekplanasi ini banyak ditulis oleh para penulis dengan tujuan untuk memberikan perhitungan tentang sesuatu, mengapa sebuah kejadian atau fenomena dapat terjadi sedemikian rupa. Teks eksplanasi ini lebih menggambarkan sebuah proses dari kejadian atau fenomena tertentu dibandingkan menjelaskan tentang sesuatu layaknya uraian deskriptif.

Pada sebuah teks eksplanasi dijelaskan tentang adanya peristiwa tertentu yang timbul karena peristiwa lain yang telah mendasari sebelumnya dimana peristiwa tersebut dapat menyebabkan peristiwa lain lagi sebagaimana peristiwa sebelumnya.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Ciri ciri dari teks eksplanasi dapat anda ketahui dari beberapa hal berikut :

  1. Terdiri atas pernyataan umum (pembuka), kalimat kalimat penjelas atau deretan penjelas (isi), dan penutup atau interpretasi. Pernyataan umum ini berupa gambaran awal dari apa yang akan disampaikan dengan berbagai pernyataan yang sifatnya umum. Bagian isi atau deretan penjelasan adalah inti dari teks eksplanasi dan menjelaskan apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Sedangkan bagian penutup atau interpretasi berisikan sebuah pandangan dan kesimpulan dari penulis yang sifatnya opsional karena boleh dicantumkan ataupun tidak dicantumkan.
  2. Berisikan sebuah informasi yang didasarkan atas kejadian faktual.
  3. Kejadian yang faktual tersebut berisikan informasi yang sifatnya sains.

Ciri bahasa yang terdapat dalam sebuah teks eksplanasi adalah sebagai berikut :

  1. Mempunyai fokus yang bear pada bagian bagian umum atau generic, bukan berupa partisipan manusia, seperti contohnya tentang gempa bumi, banjir, udara, maupun hujan.
  2. Memungkinnya dicantumkannya istilah istilah ilmiah atau istilah dalam sebuah bidang ilmu tertentu.
  3. Banyak memakai kata kerja yang sifatnya material dan relasional (disebut juga kata kerja yang aktif).
  4. Memakai konjungsi kausal dan konjungsi waktu, seperti contohnya bila, sehingga, jika, ataupun kemudian, dan lain sebagainya.
  5. Memakai kalimat pasif.
  6. Teks eksplanasi sengaja ditulis guna membuat sebuah justifikasi tentang sesuatu yang menerangkan bahwa kejadian sebab akibat itu adalah benar.

Menulis teks ekplanasi saat ini merupakan salah satu komponen yang diajarkan dalam proses belajar mengajar. Kegiatan menulis teks eksplanasi ini biasanya akan diadakan sebagai salah satu evaluasi bagi siswa setelah mempelajari tentang teks ekplanasi tersebut secara teori.

Output dari pembelajaran tentang teks eksplanasi ini adalah siswa apat menulis hasil observasi mereka tentang keberadaan dan urgensi teks eksplanasi ini baik itu berupa isinya, struktur teksnya, ataupun struktur kebahasaan yang dipakai dalam teks eksplanasi.

Teks Eksplanasi Menurut NWS

Sementara itu NWS Departement School and Education (2012) membagi teks eksplanasi menjadi 4 jenis. Jenis-jenis tersebut diantaranya eksplanasi sequential, eksplanasi kausal, eksplanasi teoritis, dan eksplanasi faktorial dimana masing-maing jenis memiliki pengertian yang berbeda dengan isi yang juga tidaklah sama.

a. Teks Eksplanasi Sequential

Eksplanasi Sequential yaitu Teks eksplanasi yang fokus pada rincian fenomena misalnya seperti metamorfosis. Eksplanasi Kausal yakni teks Eksplanasi yang berisikan asal-muasal atau sebab terjadinya sesuatu dengan tahap-tahap yang dilalui. Contoh lainnya misalnya sebab terjadinya angin yang disertai badai kencang akhir bulan juli ini, atau sebab terjadinya angin gurun, sebab terjadinya gerhana bulan dan lain sebagainya.

a. Teks Eksplanasi Teoritis

Adapun teks eksplanasi teoritis yakni teks yang berisi spekulasi hal hal yang bisa terjadi dibalik sebuah fenomena alam. Dan eksplanasi faktorial yaitu teks eksplanasi yang di dalamnya berisi efek serta hasil sebuah proses misalnya proses ulat menjadi kupu-kupu, proses terjadinya pelangi setelah hujan, proses membuat kue carabika dan lain-lain.

Kelebihan Teks Eksplanasi

Setiap tipe tipe teks tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk teks eksplanasi. Secara langsung, teks eksplanasi memiliki kelebihan yang paling menonjol yakni karena berupa paparan panjang sehingga mempermudah pembaca memahami.

Kita kembali ke asal kata yakni eksplain, yangartinya menjelaskan dan karena itu teks dengan jenis ini memang dimaksudkan untuk menjelaskan sesuatu hal dengan model tulisan deskripsi atau paparan.

Kekurangan Teks Eksplanasi

Sedangkan untuk kekurangan dari teks jenis ini yaitu model teks hanya menjelaskan 1 buah objek dengan struktur tulisan yang terbatas namun mendalam. Selain itu, untuk bisa melihat kelebihan dan kekurangan teks explanasi berdasarkan konten tulisan perlu adanya memahami isi, struktur teks dan bahasa teks yang digunakan secara keseluruhan.

Untuk isi teks, maksudnya yakni terkait penjelasan mengenai fenomena sosial yang tengah dibahas, asal usul fenomena tersebut, tahapan dan kebenarannya. Sedangkan untuk struktur teks, kalimat teks harus berupa pernyataan umum topik yang dibahas,  hingga menghasilkan kesimpulan. Selain itu, text eksplanasi juga wajib ditulis berdasarkan kaidah teks baku yang mencakup ejaan, pilihan kata, tanda baca, dan masing-masing paragraf harus ditulis secara padu.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Dalam setiap jenis teks mengandung beberapakaidah bahasa yang biasanya digunakan termasuk dlaam teks jenis ekspanasi. Beberapa kaidah bahasa yang sering digunakan diantaranya yakni isi yang fokuspad ahal umum misalnya tsunami, gempa bumi, banjir, dn lain-lain yang bukan manusia. Selain menggunakan istilah ilmiah, teks jenis ini jugabanyak menggunakan verba material dan verba relasional. Terakhir, teks jenis ini menggunakan konjungsi waktu dan kausal.

Contoh Teks Eksplanasi

Gerhana Bulan 28 Juli 2018

1. Pernyataan Umum (Pembuka)

Pada 28 July 2018 Indonesia akan mengalami fenomena alam yang terjadi ratusan tahun sekali, yakni gerhana bulan. Gerhana bulan sendiri merupakan peristiwa alam terjadi ketika bulan beroposisi dengan matahari meskipun hal tersebut tidak selamanya memunculkan gerhana bulan.

Namun tahukah kalian kenapa ham tersebut bisa terjadi? Karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika besar. Jika hal itu terjadi, kemudian terjadi perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika, yang kemudian akan menyebabkan munculnya dua titik yang yang disebut dengan node. Gerhana bulan  terjadi jika bulan beroposisi dengan titik nude.

2. Isi

Meskipun terjadi gerhana bulan, kadang kadang kita masih bisa melihat cahaya bulan, hal itu dikarenakan sisa sinar matahari berbelok menuju arah bulan oleh atmosfer bumi. Sinar yang dibelokkan memiliki spektrum cahaya kemerahan, sehingga cahaya bulan ketika gerhana menjadi gelap.

3. Penutup (Interpretasi)

Jika terjadi bayangan bumi menutupi sebagian atau seluruh bulan, maka akan terjadi gerhana bulan. Terutama ketika bumi berada pada satu garis lurus yang sama dengan bulan dan menghalangi sinar matahari tidak dapat mencapai bulan. Kira-kira seperti itulah contoh tulisan teks eksplanasi dengan sederhana mengenai gerhana bulan sesuai dengan pengertian teks eksplanasi yang telah penulis jelaskan diparaghraf awal.

Leave a Comment