Definisi Toleransi Secara Umum dan KBBI, Macam-Macamnya

Toleransi adalah salah satu sikap yang saling menghormati dan menghargai antara satu individu dengan individu lain maupun antara kelompok dengan kelompok lainnya di dalam masyarakat. Mempunyai sikap toleransi dapat menghindarkan terjadinya diskriminasi walaupun terdapat banyak kelompok ataupun golongan yang berbeda beda dalam suatu masyarakat. Contoh dari sikap toleransi yang paling mudah adalah menghargai pendapat orang lain yang mempunyai pemikiran yang berbeda dengan kita dan tolong menolong dengan seseorang tanpamelihat latar belakang suku, ras, golongan maupun agamanya.

Macam-Macam Toleransi dalam Berbagai Bidang

Kata toleransi dapat mencakup banyak bidang. Yang paling utama adalah toleransi dalam bidang agama. Toleransi dalam agama bisa kita wujudkan dengan menghormati agama orang lain yang berbeda beda, tidak memaksa orang lain untuk mengikuti agama yang kita anut, tidak menghina agama yang di anut  orang lain dan juga tidak mengganggu umat agama lain yang sedang beribadah sesuai dengan agama yang dianut.

Toleransi dapat terwujud karena kita bisa memahami antar sesama manusia tanpa memandang perbedaan. Kita juga tetap bisa berteman dengan seseorang yang mempunyai agama yang berbeda dengan kita. Yang terpenting adalah tetap menjaga dan menghormati agama yang mereka anut. Cara menghormatinya yaitu dengan cara menghormati dan menghargai dalam perayaan hari besar keagamaan yang mereka anut, memberikan kesempatan orang lain untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang orang lain anut dan juga bisa menolong tetangga walaupun mereka berbeda agama saat sedang mengalami kesusahan

Toleransi pada bidang sosial juga dapat kita lakukan. Contoh yang paling sederhana dari toleransi di bidang sosial adalah seseorang yang mempunyai harta yang berlimpah tidak boleh sombong terhadap orang yang miskin karena apapun yang orang kaya dapat tidak akan terwujud apabila tidak ada orang yang membantunya. Toleransi juga ada pada bidang politik. Toleransi pada bidang politik contohnya adalah seseorang harus menghargai pilihan orang lain mengenai pemilihan kepala pemerintahan tanpa adanya keributan atau permusuhan yang terjadi.

Definisi Toleransi Menurut KBBI

Toleransi dalam kamus besar bahasa Indonesia mempunyai pengertian menahan diri, bersikap sabar, dan juga membiarkan pendapat orang lain dan berhati lapang terhadap orang yang mempunyai pendapat yang bisa berbeda. Sedangkan pengertian toleransi menurut itilah adalah sikap yang saling menghargai dan juga membebaskan orang lainnya untuk berpendapat dan juga melakukan hal yang tidak sependapat dengan pendapat kita tanpa adanya intimidasi terhadap seseorang maupun orang lain.

Toleransi mempunyai banyak manfaat yang baik untuk individu maupun untuk suatu kelompok. Berikut ini adalah manfaat dengan berpedoman kepada toleransi. Dengan adanya toleransi maka dapat menciptakan kehidupan yang harmonis di dalam hidup bermasyarakat. Dapat menciptakan rasa kekeluargaan. Dapat menimbulkan rasa kasih sayang anata satu individu dengan indivudu lainnya. Dapat tercapainya rasa tenang, aman dan damai dalam kehidupan.

Toleransi dapat ditanamkan kepada anak kita sejak kecil. cara menanamkan rasa toleransi kepada anak adalah dengan cara mengajarkan sikap sikap toleransi, menolak sikap intoleransi yang dilakukan oleh anak anda, bila anda adalah korban intoleransi dukunglah anak anda untuk bertindak dengan benar, bertindak jujur dalam setiap perbedaan yang ada dan juga berikan contoh secara nyata bentuk toleransi tersebut.

Yang terpenting dari rasa toleransi adalah kita harus menghormati dan menghargai setiap orang maupun setiap kelompok. Dengan adanya sikap menghormati dan menghargai tersebut kita tentunya akan hidup dengan rukun, tenteram dan juga damai tanpa adanya permusuhan dengan sesama manusia.

Leave a Comment