Pengertian Toleransi

Definisi Umum Toleransi

Pengertian toleransi adalah sikap seseorang yang mau menerima keyakinan, cara hidup dan perbedaan orang lain tanpa mengkritik dan mencela. Belajar bersikap toleransi pada zaman ini memang diperlukan mengingat banyak kasus intoleransi yang mulai marak di Indonesia.

Para leluhur kita telah merumuskan tentang ini dengan semboyan yang dimiliki Indonesia yaitu “Bhineka Tunggal Ika”, walaupun berbeda-beda namun kita tetao satu jua.

Definisi lain tentang toleransi dapat diartikan sebagai sikap yang adil dan obyektif terhadap orang-orang yang gaya hidupnya berbeda satu sama lainnya. Toleransi dianggap sebagai nilai sosial yang memungkinkan orang bisa memiliki sikap yang harmonis antara orang-orang dengan karakteristik dan cara hidup yang berbeda.

Baca Juga: pengertian novel

Ya, makna toleransi adalah tentang mengenali hak orang lain dan menerima perilaku selain  perilakunya sendiri. Toleransi sendiri didasarkan pada interaksi orang-orang dengan karakteristik yang berbeda.

Tentu saja toleransi melibatkan kesediaan untuk menghindari situasi yang saling bertentangan dan bertindak secara inklusif. Pentingnya toleransi terletak pada konsepsi ruang pengakuan, yang tidak diragukan lagi menghasilkan lingkungan yang harmonis, damai dan sejahtera.

Mempunyai sikap toleransi dapat menghindarkan terjadinya diskriminasi walaupun terdapat banyak kelompok ataupun golongan yang berbeda beda dalam suatu masyarakat.

Contoh dari sikap toleransi yang paling mudah adalah menghargai pendapat orang lain yang mempunyai pemikiran yang berbeda dengan kita dan tolong menolong dengan seseorang tanpamelihat latar belakang suku, ras, golongan maupun agamanya.

Definisi Toleransi Menurut KBBI

apa itu toleransi
apa itu toleransi

Toleransi dalam kamus besar bahasa Indonesia mempunyai pengertian menahan diri, bersikap sabar, dan juga membiarkan pendapat orang lain dan berhati lapang terhadap orang yang mempunyai pendapat yang bisa berbeda.

Sedangkan pengertian toleransi menurut itilah adalah sikap yang saling menghargai dan juga membebaskan orang lainnya untuk berpendapat dan juga melakukan hal yang tidak sependapat dengan pendapat kita tanpa adanya intimidasi terhadap seseorang maupun orang lain.

Toleransi mempunyai banyak manfaat yang baik untuk individu maupun untuk suatu kelompok. Berikut ini adalah manfaat dengan berpedoman kepada toleransi.

Baca Juga: pengertian surat

Dengan adanya toleransi maka dapat menciptakan kehidupan yang harmonis di dalam hidup bermasyarakat. Dapat menciptakan rasa kekeluargaan. Dapat menimbulkan rasa kasih sayang anata satu individu dengan indivudu lainnya. Dapat tercapainya rasa tenang, aman dan damai dalam kehidupan.

Toleransi dapat ditanamkan kepada anak kita sejak kecil. cara menanamkan rasa toleransi kepada anak adalah dengan cara mengajarkan sikap sikap toleransi, menolak sikap intoleransi yang dilakukan oleh anak anda, bila anda adalah korban intoleransi dukunglah anak anda untuk bertindak dengan benar, bertindak jujur dalam setiap perbedaan yang ada dan juga berikan contoh secara nyata bentuk toleransi tersebut.

Yang terpenting dari rasa toleransi adalah kita harus menghormati dan menghargai setiap orang maupun setiap kelompok. Dengan adanya sikap menghormati dan menghargai tersebut kita tentunya akan hidup dengan rukun, tenteram dan juga damai tanpa adanya permusuhan dengan sesama manusia.

Jenis dan Contoh Umum Toleransi

Ada beberapa jenis toleransi berdasarkan ruang lingkupnya, di antara jenis-jenis toleransi itu sendiri adalah :

1. Toleransi Pemikiran

Dasar toleransi pemikiran atau gagasan adalah bagaimana seseorang memahami orang lain yang memiliki keyakinan berbeda dengan dirinya sendiri. Toleransi pemikiran adalah bagiaman seseorang mau menerima perbedaan gagasan meskipun gagasan yang dimiliki berbeda atau bahkan bertentangan dengan apa yang seseorang anut

Prinsip-prinsip yang mendasari tujuan adanya toleransi pemikiran adalah dapat menghasilkan penyatuan berbagai pemikiran dan gagasan dari berbagai sudut kehidupan. Seperti  keluarga, pengalaman sosial, studi akademis atau pembelajaran yang diperoleh di tempat kerja, dan lingkungan tempat tinggal.

Baca Juga: pengertian bahasa

Mengingat berbagai keyakinan dan pedoman hidup masing-masing orang berbeda dan tidak bisa dipaksakan maka toleransi perlu dimiliki agar bisa hidup damai berdampingan dalam konteks yang sama.

Contoh Toleransi Pemikiran

Di suatu negara orang hidup berdampingan yang mana mungkin setiap masyarakatnya memiliki gagasan berbeda terkait dengan cara terbaik untuk menjalankan sebuah pemerintahan.

Semua warga negara memiliki posisi dan kedudukan yang sepenuhnya tidak sama bahkan berlawanan. Tidak semua hal di dunia ini yang memiliki segala sesuatunya seragam, semua diciptakan beragam.

Namun jika seseorang ingin menciptakan kemajuan untuk suatu negara, maka ia harus toleran terhadap sesama warga yang peikiran dan gagasannya berbeda dengannya. Menerima perbedaan adalah langkah pertama dalam menghasilkan pemahaman yang akan menuntun masyarakat mengenali tujuan bersama yang ada.

Dalam contoh yang sangat sederhana adalah bagaimana masyarakat di Indonesia menciptakan lingkungan yang produktif dan harmonis. Ya, bagaimana masyarakat Indonesia yang beragam ini mampu membuat negara dapat maju dan bahagia dengan segala perbedaan dan kemajemukan yang ada.

2. Toleransi Rasial

Toleransi rasial berkaitan dengan hubungan yang mungkin ada antara orang-orang dari ras atau etnis yang berbeda. Toleransi rasial adalah tentang bagaimana orang berinteraksi secara harmonis dengan orang-orang yang memiliki latar belakang ras yang berbeda. Asal-usul toleransi ini melibatkan karakteristik fisik seseorang, bentuk perilaku dan tabiatnya.

Baca Juga: pengertian teks berita

Contoh Toleransi Rasial

Satu skenario di mana toleransi rasial perlu diterapkan adalah ketika integrasi mahasiswa asing masuk ke lembaga pendidikan di negara tertentu. Mahamahasiswa asing harus beradaptasi dengan budaya baru dan, kadang-kadang, juga harus beradaptasi dengan bahasa dan iklim yang berbeda.

Toleransi yang luas akan menjadi kunci untuk bisa beradaptasi kepada orang-orang di lingkungan baru. Terbukti secara ilmiah bahwa tingkat toleransi yang tinggi akan berdampak positif pada mahasiswa asing sehingga memungkinkan mahasiswa untuk tampil lebih percaya diri, dan memiliki kinerja akademik yang lebih baik.

3. Toleransi beragama

Di bidang agama, pengertian toleransi berkaitan dengan rasa hormat dan menerima berbagai keyakinan yang berbeda dari ajaran agamanya. Agama berhubungan dengan bentuk-bentuk pemahaman dunia dan hubungan manusia dengan fenomena yang berada di atas pemahamannya.

Ada banyak agama yang memiliki sudut pandang berbeda, dan mengkondisikan perilaku orang. Karena agama adalah bagian penting dari kehidupan banyak orang, bersikap toleran dalam hal ini adalah penting. Dengan memiliki sikap toleransi maka itu sama halnya dengan menghormati keyakinan orang lain.

Contoh Toleransi Agama

Contoh toleransi agama adalah bagaimana seseorang tidak mencela apa yang diyakini oleh ajaran agamanya yang berbeda dengannya. Pemahaman konsep wujud adanya Tuhan mungkin berbeda antara agama Islam, Kristen atau Hindu, namun demikian adanya perbedaan itu tetap tidak memecah belah satu sama lainnya.

Baca Juga: pengertian teks narasi

4. Toleransi Sosial

contoh toleransi sosial
contoh toleransi sosial (Good News from Indonesia)

Arti kata toleransi sosial mengacu pada keberadaan orang-orang yang masuk dalam kelas sosial berbeda. Secara historis ada banyak kasus intoleransi sosial, yang tercermin dalam perasaan superioritas yang dimiliki sebagian orang dibandingkan orang lain yang mereka anggap lebih rendah karena mereka memiliki sumber daya ekonomi yang lebih sedikit.

Intoleransi sosial menghasilkan kebencian, prasangka dan ketakutan yang membuat orang-orang tidak bisa hidup dalam harmoni, berdasarkan rasa hormat dan pengakuan dari yang lain.

Contoh Toleransi Sosial

Universitas adalah ruang di mana orang memiliki saling berhubungan, berkenalan dengan berbagai orang dan memiliki gagasan dan pemikiran.

Baca Juga: pengertian teks anekdot

Ada kemungkinan bahwa di universitas yang sama hidup orang-orang dari strata sosial yang berbeda, yang dipaksa untuk berinteraksi, mendiskusikan ide, mendiskusikan konsep dan bekerja sebagai tim. Maka dar itu, toleransi sosial diperlukan untuk menghancurkan kelas-kelas tersebut.

5. Toleransi seksual

Toleransi jenis ini ada hubungannya dengan rasa hormat antara orang-orang yang berbeda jenis kelamin. Makna dari toleransi sosial juga bagimana seseorang mau menerima keberagaman seksual, berdasarkan pada fakta bahwa setiap orang memiliki kekuatan untuk memutuskan kecenderungan seksual mereka dan bagaimana ia memiliki identitasnya sendiri.

Contoh Toleransi Seksual

Di tempat kerja biasanya ada intoleransi seksual yang tercermin dalam alokasi gaji yang lebih rendah untuk perempuan dari laki-laki, bahkan jika mereka melakukan pekerjaan yang sama dan memiliki kemampuan yang sama.

Nah, maksud dari  toleransi seksual adalah bagaimana negara mau mengubah kebijakan ketenagakerjaan antara laki-laki dan perempuan. Mengakui  kesetaraan pekerja antara laki-laki dan perempuan dan memberikan posisi, kedudukan dan hak yang sama.

Tokoh Toleransi di Indonesia

1. Gus Dur

gus dur tokoh toleransi
gus dur tokoh toleransi (Islami.co)

Gus Dur atau Dr. K. H. Abdurrahman Wahid (ahir di Jombang, Jawa Timur pada tanggal 7 September 1940. Gus Dur adalah tokoh Muslim Indonesia yang yang menjadi Presiden Indonesia keempat. Beliau terkenal sebagai tokoh toleransi terkenal di Indonesia berkat pemikiran-pemikiran pluralisnya.

Baca Juga: pengertian teks eksplanasi

2. Nurcholish Madjid

Nurcholis Madjid adalah satu dari sekian tokoh di Indonesia yang fokus pada toleransi agama. Sama dengan Gus Dur, Nurchlish Madjid lahir di Jombang, 17 Maret 1939. Beliau memiliki pemikiran tentang pluralisme agama di mana pemikirannya ini telah banyak dibukukan.

3. Dr. Komaruddin Hidayat

Prof. Dr. Komaruddin Hidayat lahir di Magelang, Jawa Tengah, 18 Oktober 1953. Beliau adalah mantan rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah yang memiliki pemikiran-pemikirannya soal toleransi. Pemikiran beliau ini sudah banyak yang dimuat di media massa.

Demikian pengertian toleransi dan tokoh-tokoh di Indonesia yang menggagas pemikiran toleransi. Semoga siapa saja yang membaca artikel ini bisa menerapkan rasa toleransi terhadap orang-orang yang berbeda di sekitarnya.

Leave a Comment