Pengertian Visi dan Misi

Definisi Umum Visi Misi

Pengertian visi dan misi memang dua hal yang mempunyai pengertian berbeda. Visi adalah kalimat atau rangkaian kata yang menunjukkan cita-cita, impian maupun nilai pokok dari sebuah perusahaan, instansi, ataupun organisasi. Visi akan lebih mengarah kepada tujuan masa mendatang dari sebuah instansi, organisasi maupun perusahaan.

Biasanya, visi ini muncul dari pikiran yang ada dalam benak para pendiri. Pikiran-pikiran inilah yang kemudian memberi gambarang tentang masa depan yang sudah ditargetkan.

apa itu visi misi
apa itu visi misi (42courses.com)

Disisi lain, pengertian misi adalah serangkaian cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan guna mencapi visi. Selain itu, biasanya misi akan lebih mengarah kepada alasan mengapa sebuah instansi, organisasi, atau perusahaan didirikan di tengah-tengah masyarakat. Jika biasanya visi hanya terdiri dari satu kalimat, maka misi akan tertulis dalam kalimat yang lebih banyak.

Baca Juga: pengertian majas

Selain pengertian, terstruktur pula definisi visi dan misi yang memang harus diketahui secara jelas. Berikut adalah penjelasannya:

Visi

Visi: – merupakan kalimat yang menyatakan cita-cita instansi, organisasi, maupun perusahaan di masa depan

  • Suatu kalimat yang jelas, singkat dan fokus yang memberikan arah pada sebuah instansi, organisasi, maupun perusahaan
  • Suatu gagasan yang bentuknya tertulis terkait tujuan utama didikannya sebuah instansi, organisasi, maupun perusahaan

Misi

Misi: – merupakan beberapa penjabaran dari sebuah visi instansi, organisasi, maupun perusahaan

  • Merupakan tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang harus dilewati oleh sebuah instansi, organisasi, maupun perusahaan guna mewujudkan visi utama
  • Merupakan tahapan-tahapan yang bisa dugunakan guna menjadikannya sebagai rangsangan agar bisa mencapai visi utama.

Definisi Visi dan Misi Menurut KBBI

Selain pengertian umum dari visi dan misi yang bisa kita pahami, ada baiknya pula kita mengetahui pengertiannya berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI). Maka dalam hal ini akan lebih mengarah kepada arti kata visi dan misi.

Baca Juga: pengertian teks prosedur

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) visi adalah kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan, wawasan apa yang tampak dalam khayal, penglihatan atau pengamatan. Kemampuan melihat gambaran/wawasan masa depan yang diinginkan berdasarkan penglihatan, pengamatan, perbandingan kondisi yang ada keadaan sekarang.

Maka bisa diambil poin-poin penting yaitu visi merupakan pengamatan, penglihatan, apa yang tampak di dalam khayalan, wawasan maupun pandangan yang jauh ke depan, kemampuan yang langsung melihat pada inti persoalan, kemampuan merasakan suatu yang tidak terlihat dengan ketajaman penglihatan dan kehalusan jiwa.

Disisi lain, pengertian misi menurut kamus besar bahasa Indonesia ialah tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dsb.

Definisi Visi dan Misi Menurut Ahli

Selain pengertian visi dan misi yang dibahas diatas, beberapa ahli juga menyumbangkan pemikirannya dalam mendefinisikan visi maupun misi adalah sebagai berikut:

1. Dawan Rahardjo

Wawasan dan Visi (Pembangunan Abad-21) mendefinisikan bahwa visi adalah bayangan tentang masa depan organisasi, baik itu perusahaan atau lembaga.

2. Wibisono

Wibisono (2006, p. 43) mendefinisikan bahwa visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan.

3. Kamus Bahasa dan Budaya

Berdasarkan Dictionary Of Language and Culture, Longman visi adalah kemampuan memandang; kemampuan memahami apa yang akan diwujudkan di masa yang akan datang; ide yang ada dalam angan-angan tentang sesuatu.

4. LAN

Berdasarkan LAN, Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah visi berkaitan dengan pandangan masa depan, menyangkut kemana instansi pemerintah harus dibawa dan diarahkan agar dapat bekerja secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovatif, serta produktif.

Baca Juga: pengertian drama

5. Peter Drucker

Peter Drucker berpendapat bahwa misi merupakan alasan mendasari eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan.

Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya.

6. Sapta

Berdasar pemaparan Sapta Nirwandar, Makalah Seminar menyatakan bahwa misi merupakan langkah/ kegiatan yang harus dilaksanakan guna merealisasikan tercapainya visi.

7. Edwin

Menurut pendapat dari Edwin A. Locke & Associates, Esence Kepemimpinan misi adalah tindakan strategis untuk meraih visi organisasi

8. Wibisono

Menurut Wibisono (2006,p.46), menyatakan bahwa misimerupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi, yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

Tujuan Visi Dan Misi

tujuan visi misi
tujuan visi misi (Medium)

Visi dan misi juga mempunyai tujuan dalam pembentukannya. Berikut adalah beberapa tujuan visi dan misi:

  1. Menjadi bantuan dalam menentukan standar sebuah pekerjaan
  2. Menjadi inspirasi bagi setiap anggota yang tergabung dalam sebuah instansi, organisasi, ataupun perusahaan.
  3. Menjadi pedoman pengambil keputusan akhir
  4. Menjadikan hubungan yang lebih akrab dan komunikasi yang lebih baik
  5. Menjadi alat hubungan dengan pihak masyarakat

Baca Juga: pengertian poster

Manfaat Visi dan Misi

Setelah mengetahui makna visi dan misi, maka hal yang tidak kalah penting lainnya adalah mengetahu manfaat dari adanya visi dan misi. Dari manfaat inilah akan diketahui seberapa penting sebenarnya visi dan misi itu.

Manfaat Visi:

  1. Sebagai jembatan bagi perusahaan, instansi maupun organisasi di masa sekarang dan masa mendatang.
  2. Menciptakan rasa kebermaknaan yang berada dalam sebuah perusahaan, instansi maupun organisasi
  3. Menumbuhkan kerja yang prima sehingga efektifitas kerja dapat tercipta
  4. Menciptakan komitmen dan semangat kerja di lingkungan perusahaan, instansi maupun organisasi.

Manfaat Misi:

  1. Menciptakan iklim atau kondisi perusahaan, instansi maupun organisasi yang umum
  2. Memastikan adanya tujuan dasar perusahaan, instansi maupun organisasi
  3. Menjadi landasan perencanan bagi perusahaan, instansi maupun organisasi
  4. Mendorong kerja sama dalam suatu kegiatan.
  5. Membantu dalam membuat suatu keputusan yang sesuai tujuan.

Perbedaan Visi dan Misi

Visi dan misi adalah dua hal yang berbeda, oleh karena itu, keduanya mempunyai perbedaan. Berikut adalah beberapa perbedaan diantara keduanya:

  1. Visi adalah tujuan utama, cita-cita, dan gambaran besar, suatu organisasi, instansi, maupun perusahaan di masa depan, sedangkan misi adalah penjabaran dari visi yang sudah ditentukan.
  2. Visi merupakan tujuan yang bersifat jangka panjang dan berorientasi ke depan, sedangkan misi masih berlaku untuk tujuan jangka pendek.
  3. Visi memiliki sifat yang pada umumnya permanen dan jarang diubah, sedangkkan misi biasanya bisa diubah jika memang terbukti gagal untuk mewujudkan visi yang telah ditentukan.
  4. Visi memiliki jumlah kalimat yang lebih dikit bila dibandingkan dengan misi.

Baca Juga: pengertian pantun

Contoh Visi dan Misi

Untuk memberikan gambaran nyata bagaimana visi misi itu, berikut adalah contoh visi misi dari lembaga pemerintahan yaitu Kemenristekdikti:

Visi Kemenristekdikti

“Terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan IPTEK dan inovasi untuk mendukung daya saing bangsa”

Misi Kemenristekdikti

  • Meningkatkan akses, relevansi, dan mutu pendidikan tinggi untuk menghasilkan SDM yang berkualitas; dan
  • Meningkatkan kemampuan Iptek dan inovasi untuk menghasilkan nilai tambah produk inovasi.

Cara Membuat Visi dan Misi

Tidak cukup hanya mengatahui pengertian visi dan misi, karena kita juga harus cara membuatnya. Dalam membuat visi dan misi, ada beberapa unsur penting yang harus diperhatikan, berikut adalah unsur-unsur penting tersebut:

Unsur Penting Pembuatan Visi

  1. Harus memiliki orientasi kedepan
  2. Tidak dibuat hanya berdasarkan kondisi
  3. Harus bisa menjadi wadah ekspresi kreatifitas
  4. Harus mengandung prinsip nilai berupa penghargaan bagi masyarakat

Baca Juga: pengertian huruf “b”

Unsur Penting Pembuatan Misi

  1. Harus fokus dan memprioritaskan kata-kata yang dianggap paling penting
  2. Harus mampu menggunakan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan instansi, perusahaan, maupun organisasi yang bersangkutan
  3. Harus bisa mengkombinasikan kata-kata semenarik dan seefektif mungkin
  4. Harus melakukan proses pencarian ide sebelum merealisasikan tulisan dalam misi

Leave a Comment