Definisi Visi dan Misi dalam Sebuah Organisasi dan Perusahaan

Pengertian Visi ialah serangkaian kata yang bisa menunjukkan cita cita, impian ataupun inti dari sebuah instansi, perusahaan maupun organisasi. Visi adalah tujuan dari adanya masa depan dalam sebuah instansi, perusahaan atau organisasi. Visi juga mempunyai pengertian pikiran pikiran yang terdapat dalam sebuah benak dari para pendirinya.

Pikiran tersebut merupakan gambaran dari masa depan yang ingin atau akan dicapainya. Selain hal tersebut, visi mempunyai pandangan mengenai arah dari sebuah manajemen. Pandangan mengenai manajemen pastinya mempunyai arah untuk membuat kesuksesan dan juga keberhasilannya yang dituangkan ke dalam visi yang mereka buat.

Cita cita yang ingin di capai dari sebuah perusahaan, organisasi maupun instansi di masa depannya dapat dibuat dengan membuat visi yang di tulis secara fokus, jelas dan juka singkat yang menggambarkan arah tujuan sebuah instansi, organisasi maupun perusahaan tersebut. visi merupakan sebuah gagasan yang tertulis dari tujuan utama berdirinya sebuah instansi, organisasi maupun perusahaan.

Pengertian Misi dalam Suatu Organisasi

Misi ialah tahapan yang harus di lalui agar dapat mencapai visinya. Selain hal tersebut, misi juga bisa menggambarkan tujuan atau deskripsi mengapa suatu instansi, organisasi maupun perusahaan tersebut terbentuk di dalam lingkungan masyarakat.

Misi juga dapat dikatakan sebagai penjabaran dari sebuah visi. Jika sebuah visi dapat ditulis dengan satu kalimat saja, maka misi harus bisa menjabarkan visi tersebut ke dalam beberapa kalimat yang bisa dengan mudah dipahami oleh siapa saja yang melihat dan juga membacanya. Misi merupakan penjabaran yang sangat detail dari visi sebuah instansi, organisasi maupun perusahaan.

Misi merupakan tahapan tahapan atau langkah langkah yang bisa di lalui oleh orang yang bekerja di sebuah instansi, organisasi maupun perusahaan guna mencapai visi utamanya. Selain itu, misi mempunyai pengertian tahapan tahapan yang bisa di ambil oleh karyawan dalam sebuah instansi atau perusahaan guna merangsang tercapainya visi utama.

Perbedaan Visi dan Misi dalam Perusahaan

Dari pengertian diatas, dapat kita ketahui perbedaan visi dan juga misi. Perbedaan yang pertama adalah visi merupakan gambaran besar, cita cita sebuah instansi, organisasi maupun perusahaan yang akan dicapainya untuk masa depannya. Sementara misi ialah penjabaran ataupun tahapan tahapan yang bisa dilakukan untuk mewujudkan atau mencapai visi tersebut.

Perbedaan yang kedua adalah visi merupakan cita cita dalam jangka yang panjang dan merupakan orientasi ke depan dari sebuah instansi, organisasi maupun perusahaan. Sementara misi merupakan cita cita dalam jangka pendek dan berorientasi pada masa kini dari sebuah instansi, organisasi maupun perusahaan.

Perbedaan yang ketiga adalah visi mempunyai sifat yang permanen. Biasanya dalam suatu instansi, organisasi maupun perusahaan yang sudah membuat visi maka pantang bagi mereka akan mengubah visinya tersebut. hal tersebut karena berkaitan dengan konsistensi dan kredibilitas mereka.

Sementara misi biasanya dapat berubah secara berkala pada saat mereka menganggap misi yang mereka buat gagal untuk mewujukan visi yang dibuat oleh sebuah instansi, organisasi maupun perusahaan.

Perbedaan yang keempat adalah visi dapat terdiri dari satu kalimat ataupun poin yang cukup jelas, padat dan bisa mewakili segalanya. Sementara misi mempunyai struktur dari beberapa kalimat ataupun poin yang merupakan penjabaran dari visi yang mereka buat.

Perbedaan yang terakhir adalah visi merupakan pernyataan yang sangat umum dan bisa mencakup banyak hal. Sedangkan misi mempunyai pernyataan yang lebih khusus dan lebih mendetail sehingga tahapan tahapan yang akan dilakukan sangat jelas dan bisa dipahami oleh semuanya.

Leave a Comment